Belakangan ini kita sering mendengar istilah soal HOTS. Sebenarnya apa itu HOTS? Bagaimana cara membuat dan melakukan penskoran? Untuk membahas hal ini, kita akan kupas satu persatu berikut ini.Latar BelakangMencetak generasi pada abad 21 dengan zaman yang sudah serba kompleks tidaklah mudah. Banyak kecakapan yang harus dikuasai generasi ini. Secara garis besar dibagi menjadi tiga, yaitu kualitas karakter, kompetensi, dan literasi.Untuk mencapai semua kecakapan ini diperlukan rangsangan berpikir bagi siswa. Salah satunya dengan memicu anak untuk memecahkan soal atau masalah yang memerlukan keterampilan berpikir.Pengertian Soal HOTSHOTS merupakan singkatan dari Higher Order Thinking Skills. Jika diterjemahkan maka berarti Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.Soal HOTS dapat diartikan sebagai soal yang mampu merangsang kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Tetapi juga mampu berpikir kritis dan kreatif.Soal dengan istilah-istilah yang sulit dan belum diketahui atau jarang digunakan belum tentu termasuk soal HOTS, jika tidak melibatkan proses menalar.Karakteristik Soal HOTSSoal-soal yang disusun secara HOTS memiliki beberapa karakteristik, diantaranya:Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami;Berbasis permasalahan kontekstual;Stimulus menarik;Tidak Familiar;Kebaruan.Tahapan Menyusun Soal HOTSMenganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.Menyusun kisi-kisi soal.Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal;Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.Tips Membuat Soal HOTSBeberapa tips yang bisa digunakan dalam menyusun soal:Diusahakan menggunakan konteks nyata yang mudah dipahami anak.Buat soal yang nyata dan ada dilingkungan anak untuk memudahkan anak dalam memahami konteks soal.Buat pertanyaan berdasarkan bagan atau gambar untuk merangsang anak berpikir kritis.Penggunaan bagan atau gambar dapat merangsang anak untuk berpikir lebih.Tanyakan alasan dari jawaban yang telah diberikan.Misalnya disajikan sebuah pernyataan, kemudian tanyakan apakah anak setuju atau tidak dengan pernyataan tersebut. Dilanjutkan dengan meminta alasannya.Gunakan variasi bentuk soal yang beragam.Variasi soal yang bisa digunakan berupa isian maupun pilihan ganda.Contoh Soal HOTSBerikut ini contoh soal yang dibuat berdasarkan kaidah berpikir Higher Order Thinking Skills.1. Bahasa IndonesiaKompetensi dasar: Memprediksi kejadian berdasarkan isi teks bacaan.Indikator soal: Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat memprediksi kejadian yang akan terjadi berdasarkan teks bacaan.Soal:Seorangwasit dalam pertandingan sepakbola membawa dua buah kartu, yaitu kartu kuningdan merah. Kartu kuning diberikan kepada pemain yang mendapat peringatan cukupkeras. Sementara itu, kartu merah diberikan kepada pemain yang melakukanpelanggaran keras atau telah mendapatkan dua kali kartu kuning dalam permainantersebut. Hukuman pemain yang diberi kartu merah adalah dikeluarkan darilapangan dan tidak boleh bermain dalam dua kali pertandingan berikutnya.Prediksi untuk melengkapi cerita di atas adalah ….A. Seorang wasit membawa dua kartu dalam pertandinganB. Jika pemain melanggar pemain lain akan langsung dikenai kartu merahC. Seorang pemain akan dikeluarkan dari pertandingan jika sudah mengantongi dua kartu kuningD. Seseorang akan dikeluarkan dari pertandingan sepakbola jika sudah mengantongi dua kartu merah2. MatematikaKompetensi dasar: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas segiempat .Indikator soal: Disajikan ilustrasi tentang bangun datar segiempat, peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar segiempat. Soal:Sebuah taman berbentuk persegi panjang. Panjang taman 300 m dan lebarnya setengah dari panjang taman. Di sekeliling taman tersebut dipasang lampu penerangan. Jarak antarlampu penerangan 25 m. Tempat duduk diletakkan mengelilingi taman dengan jarak 5 meter dari tepi luar. Jarak antartempat duduk 20 m. Selisih banyaknya tempat duduk dengan lampu penerangan adalah ….A. 43 buahB. 36 buahC. 17 buahD. 7 buah3. Ilmu Pengetahuan AlamKompetensi dasar: Menggunakan nalar untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar makhluk hidup.Indikator soal: Memprediksi perubahan yang akan terjadi pada ekosistem tertentu jika ada salah satu komponen rantai makanan yang punah atau berkembang pesat/ada predator lain yang datang. Soal:Di sebuah ekosistem sawah terdapat tikus, ular, padi, elang. Untuk meningkatkan hasil panen padi, petani banyak yang memelihara dan melatih burung hantu untuk menangkap tikus di sekitar persawahan. Hal tersebut menyebabkan …A. Elang terhindar dari kepunahan karena populasi ular menurunB. Populasi ular meningkat dan elang terhindar dari kepunahanC. Populasi ular menurun dan elang terancam punah D. Elang terancam punah karena populasi ular meningkatPedoman PenskoranDalam konteks penilaian untuk pembelajaran (assesment for learning), guru harus mengolah dan menganalisis setiap jawaban siswa baik yang kurang tepat maupun jawaban lainnya. Jawaban yang kurang tepat sekalipun seharusnya diberikan skor yang sesuaiHal ini sangat membantu guru untuk mengetahui kesulitan siswa (diagnostik) sehingga guru dapat menemukan cara yang efektif untuk memperbaiki proses pembelajaran.Untuk melengkapi materi yang ada pada halaman ini berikut ini kami sertakan file powerpoint yang didalamnya membahas lebih lanjut tentang soal HOTS disertai dengan contoh-contoh pengembangannya.Download Panduan Penyusunan Soal HOTS (459 KB)
Belakangan ini kita sering mendengar istilah soal HOTS. Sebenarnya apa itu HOTS? Bagaimana cara membuat dan melakukan penskoran? Untuk membahas hal ini, kita akan kupas satu persatu berikut ini.
Latar Belakang

Mencetak generasi pada abad 21 dengan zaman yang sudah serba kompleks tidaklah mudah. Banyak kecakapan yang harus dikuasai generasi ini. Secara garis besar dibagi menjadi tiga, yaitu kualitas karakter, kompetensi, dan literasi.Untuk mencapai semua kecakapan ini diperlukan rangsangan berpikir bagi siswa. Salah satunya dengan memicu anak untuk memecahkan soal atau masalah yang memerlukan keterampilan berpikir.
Pengertian Soal HOTS
HOTS merupakan singkatan dari Higher Order Thinking Skills. Jika diterjemahkan maka berarti “Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”.
Soal HOTS dapat diartikan sebagai soal yang mampu merangsang kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Tetapi juga mampu berpikir kritis dan kreatif.
Soal dengan istilah-istilah yang sulit dan belum diketahui atau jarang digunakan belum tentu termasuk soal HOTS, jika tidak melibatkan proses menalar.
Karakteristik Soal HOTS
Soal-soal yang disusun secara HOTS memiliki beberapa karakteristik, diantaranya:
- Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami;
- Berbasis permasalahan kontekstual;
- Stimulus menarik;
- Tidak Familiar;
- Kebaruan.
Tahapan Menyusun Soal HOTS
- Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.
- Menyusun kisi-kisi soal.
- Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;
- Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal;
- Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.
Tips Membuat Soal HOTS
Beberapa tips yang bisa digunakan dalam menyusun soal:
- Diusahakan menggunakan konteks nyata yang mudah dipahami anak.
Buat soal yang nyata dan ada dilingkungan anak untuk memudahkan anak dalam memahami konteks soal. - Buat pertanyaan berdasarkan bagan atau gambar untuk merangsang anak berpikir kritis.
Penggunaan bagan atau gambar dapat merangsang anak untuk berpikir lebih. - Tanyakan alasan dari jawaban yang telah diberikan.
Misalnya disajikan sebuah pernyataan, kemudian tanyakan apakah anak setuju atau tidak dengan pernyataan tersebut. Dilanjutkan dengan meminta alasannya. - Gunakan variasi bentuk soal yang beragam.
Variasi soal yang bisa digunakan berupa isian maupun pilihan ganda.
Contoh Soal HOTS
Berikut ini contoh soal yang dibuat berdasarkan kaidah berpikir Higher Order Thinking Skills.
1. Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar:
Memprediksi kejadian berdasarkan isi teks bacaan.
Indikator soal:
Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat memprediksi kejadian yang akan terjadi berdasarkan teks bacaan.
Soal:
Seorangwasit dalam pertandingan sepakbola membawa dua buah kartu, yaitu kartu kuningdan merah. Kartu kuning diberikan kepada pemain yang mendapat peringatan cukupkeras. Sementara itu, kartu merah diberikan kepada pemain yang melakukanpelanggaran keras atau telah mendapatkan dua kali kartu kuning dalam permainantersebut. Hukuman pemain yang diberi kartu merah adalah dikeluarkan darilapangan dan tidak boleh bermain dalam dua kali pertandingan berikutnya.
Prediksi untuk melengkapi cerita di atas adalah ….
A. Seorang wasit membawa dua kartu dalam pertandingan
B. Jika pemain melanggar pemain lain akan langsung dikenai kartu merah
C. Seorang pemain akan dikeluarkan dari pertandingan jika sudah mengantongi dua kartu kuning
D. Seseorang akan dikeluarkan dari pertandingan sepakbola jika sudah mengantongi dua kartu merah
2. Matematika
Kompetensi dasar:
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas segiempat .
Indikator soal:
Disajikan ilustrasi tentang bangun datar segiempat, peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar segiempat.
- Setiap awal semester pada tahun pelajaran yang baru, guru selalu dituntut untuk mempersiapkan administrasi kelas yang cukup beragam. Salah satu administrasi kelas yaitu RPP kelas 2 dengan menggunakan kurikulum 2013 revisi terbaru.Dengan mendownload RPP untuk kelas 2 ini, Bapak dan Ibu Guru dapat menjadikan salah satu referensi dan contoh dalam menyusun dan mengembangkan RPP yang sesuai untuk sekolah masing-masing.Administrasi Guru Kelas 2 Sesuai Kurikulum 2013Perangkat Pembelajaran yang dapat diunduh pada halaman ini mencakup KI dan KD, kalender pendidikan, silabus, program tahunan, program semester, dan RPP. Tidak cukup sampai disitu, disertakan juga kumpulan soal evaluasi baik itu tengah semester maupun semester yang bisa digunakan untuk alat evaluasi peserta didik.Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)KI dan KD PPKn (unduh)KI dan KD Bahasa Indonesia (unduh)KI dan KD Matematika (unduh)KI dan KD Seni Budaya dan Prakarya (unduh)KI dan KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (unduh)Pemetaan Kompetensi Dasar (KD)Pemetaan KD Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Pemetaan KD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Kalender PendidikanKalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Silabus Semester 1Silabus Tema 1: Hidup Rukun (unduh)Silabus Tema 2: Bermain Di Lingkunganku (unduh)Silabus Tema 3: Tugasku Sehari-Hari (unduh)Silabus Tema 4: Hidup Bersih Dan Sehat (unduh)Silabus Semester 2Silabus Tema 5: Pengalamanku (unduh)Silabus Tema 6: Merawat Hewan dan Tumbuhan (unduh)Silabus Tema 7: Kebersamaan (unduh)Silabus Tema 8: Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan (unduh)Program TahunanProgram tahunan Tahun Pelajaran 2021/2022 tema 1 sampai dengan tema 8 (unduh)Program SemesterProgram Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Program Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Jadwal PelajaranJadwal Pelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)RPP Semester 1 Kelas 2RPP Tema 1: Hidup Rukun (unduh)RPP Tema 2: Bermain Di Lingkunganku (unduh)RPP Tema 3: Tugasku Sehari-Hari (unduh)RPP Tema 4: Hidup Bersih Dan Sehat (unduh)RPP Semester 2 Kelas 2RPP Tema 5: Pengalamanku (unduh)RPP Tema 6: Merawat Hewan dan Tumbuhan (unduh)RPP Tema 7: Kebersamaan (unduh)RPP Tema 8: Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan (unduh)Buku Guru dan Buku SiswaBuku Guru Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Buku Siswa Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Soal EvaluasiSoal Ulangan Harian Semester Gasal (unduh)Soal Ulangan Harian Semester Genap (unduh)Soal Penilaian Tengah Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Akhir Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Tengah Semester Genap (unduh)Soal Penilaian Akhir Tahun Pelajaran (unduh)Cara Download RPP Kelas 2Cara pengunduhan sangat sederhana. Silahkan pilih salah satu file diatas, contoh RPP kelas 3 (download). Akan terbuka jendela baru, muncul tampilan file yang dikehendaki. Dibagian kanan atas terdapat 3 menu: unduh, cetak, dan simpan. Bapak dan Ibu Guru dapat melakukan pengunduhan dengan menekan menu anak panah kebawah dan simpan diperangkat. Selain beberapa perangkat pembelajaran untuk kelas 2 tersebut, juga tersedia aplikasi untuk menghitung umur siswa secara otomatis menggunakan microsoft office excel. Aplikasi sederhana ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam mengisi identitas peserta didik.
- Administrasi guru sesuai kurikulum 2013 sangat beragam diantaranya SK KD, Pemetaan SK KD, Prota, Promes, Silabus, KKM, dan RPP kelas 3. Administrasi ini biasanya disusun Bapak dan Ibu Guru diawal tahun pelajaran untuk pelaksanaan 1 tahun kedepan.Untuk memudahkan Bapak dan Ibu Guru dalam menyusun administrasi tersebut. Kami tim rumpunnews.com berusaha mengumpulkan file-file administrasi ini. File administrasi disusun menggunakan microsoft office. Hal ini memudahkan Bapak dan Ibu Guru untuk melakukan perubahan dan penyesuaian.Administrasi Guru Kelas 3 Sesuai Kurikulum 2013Perangkat Pembelajaran yang dapat diunduh pada halaman ini mencakup KI dan KD, kalender pendidikan, silabus, program tahunan, program semester, dan RPP. Tidak cukup sampai disitu, disertakan juga kumpulan soal evaluasi baik itu tengah semester maupun semester yang bisa digunakan untuk alat evaluasi peserta didik.Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)KI dan KD PPKn (unduh)KI dan KD Bahasa Indonesia (unduh)KI dan KD Matematika (unduh)KI dan KD Seni Budaya dan Prakarya (unduh)KI dan KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (unduh)Kalender PendidikanKalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Silabus Semester 1Silabus Tema 1: Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup (unduh)Silabus Tema 2: Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan (unduh)Silabus Tema 3: Benda Di Sekitarku (unduh)Silabus Tema 4: Kewajiban Dan Hakku (unduh)Silabus Semester 2Silabus Tema 5: Cuaca (unduh)Silabus Tema 6: Energi Dan Perubahannya (unduh)Silabus Tema 7: Perkembangan Teknologi (unduh)Silabus Tema 8: Praja Muda Karana (unduh)Program TahunanProgram tahunan Tahun Pelajaran 2021/2022 tema 1 sampai dengan tema 8 (unduh)Program SemesterProgram Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Program Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Jadwal PelajaranJadwal Pelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)RPP Semester 1 Kelas 3RPP Tema 1: Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup (unduh)RPP Tema 2: Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan (unduh)RPP Tema 3: Benda Di Sekitarku (unduh)RPP Tema 4: Kewajiban Dan Hakku (unduh)RPP Semester 2 Kelas 3RPP Tema 5: Cuaca (unduh)RPP Tema 6: Energi Dan Perubahannya (unduh)RPP Tema 7: Perkembangan Teknologi (unduh)RPP Tema 8: Praja Muda Karana (unduh)Buku Guru dan Buku SiswaBuku Guru Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Buku Siswa Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Soal EvaluasiSoal Ulangan Harian Semester Gasal (unduh)Soal Ulangan Harian Semester Genap (unduh)Soal Penilaian Tengah Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Akhir Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Tengah Semester Genap (unduh)Soal Penilaian Akhir Tahun Pelajaran (unduh)Cara Download RPP Kelas 3Cara pengunduhan sangat sederhana. Silahkan pilih salah satu file diatas, contoh RPP kelas 3 (download). Akan terbuka jendela baru, muncul tampilan file yang dikehendaki. Dibagian kanan atas terdapat 3 menu: unduh, cetak, dan simpan. Bapak dan Ibu Guru dapat melakukan pengunduhan dengan menekan menu anak panah kebawah dan simpan diperangkat. Jika terdapat masalah pengunduhan dari administrasi di atas silahkan tinggalkan komentar untuk segera diperbaiki.
- Pada awal tahun pelajaran seperti sekarang ini, Bapak dan Ibu Guru kelas 4 diwajibkan membuat perencanaan sebagai panduan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan ini dituangkan dalam bentuk administrasi tertulis diantaranya RPP kelas 4 serta administrasi lain sesuai dengan kurikulum 2013.Selain RPP, Bapak dan Ibu Guru kelas 4 tetap mempersiapkan silabus, program tahunan, program semester, pemetaan KD, dan masih banyak lagi yang sesuai dengan kalender pendidikan tahun. Pada halaman ini kami ingin sedikit membantu memberikan referensi perangkat pembelajaran yang bisa diunduh dengan mudah.Administrasi Guru Kelas 4 Sesuai Kurikulum 2013Perangkat Pembelajaran yang dapat diunduh pada halaman ini mencakup KI dan KD, kalender pendidikan, silabus, program tahunan, program semester, dan RPP. Tidak cukup sampai disitu, disertakan juga kumpulan soal evaluasi baik itu tengah semester maupun semester yang bisa digunakan untuk alat evaluasi peserta didik.Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)KI dan KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (unduh)KI dan KD PPKn (unduh)KI dan KD Bahasa Indonesia (unduh)KI dan KD Matematika (unduh)KI dan KD Ilmu Pengetahuan Alam (unduh)KI dan KD Ilmu Pengetahuan Sosial (unduh)KI dan KD Seni Budaya dan Prakarya (unduh)KI dan KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (unduh)Pemetaan Kompetensi Dasar (KD)Pemetaan KD Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Pemetaan KD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Kalender PendidikanKalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Silabus Semester 1Silabus Tema 1: Indahnya Kebersamaan (unduh)Silabus Tema 2: Selalau Berhemat Energi (unduh)Silabus Tema 3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup (unduh)Silabus Tema 4: Berbagai Pekerjaan (unduh)Silabus Tema 5: Pahlawanku (unduh)Silabus Semester 2Silabus Tema 6: Indahnya Negeriku (unduh)Silabus Tema 7: Cita-Citaku (unduh)Silabus Tema 8: Tempat Tinggalku (unduh)Silabus Tema 9: Makananku Sehat dan Bergizi (unduh)Program TahunanProgram tahunan Tahun Pelajaran 2021/2022 tema 1 sampai dengan tema 9 (unduh)Program SemesterProgram Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Program Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Jadwal PelajaranJadwal Pelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)RPP Semester 1 Kelas 4RPP Tema 1: Indahnya Kebersamaan (unduh)RPP Tema 2: Selalu Berhemat Energi (unduh)RPP Tema 3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup (unduh)RPP Tema 4: Berbagai Pekerjaan (unduh)RPP Tema 5: Pahlawanku (unduh)RPP Semester 2 Kelas 4RPP Tema 6: Indahnya Negeriku (unduh)RPP Tema 7: Cita-Citaku (unduh)RPP Tema 8: Tempat Tinggalku (unduh)RPP Tema 9: Makananku Sehat dan Bergizi (unduh)Buku Guru dan Buku SiswaBuku Guru Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Buku Siswa Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Tugas HarianTugas Harian Tema 1 (unduh)Soal EvaluasiSoal Penilaian Tengah Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Akhir Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Tengah Semester Genap (unduh)Soal Penilaian Akhir Tahun Pelajaran (unduh)Cara Download RPP Kelas 4Cara pengunduhan sangat sederhana. Silahkan pilih salah satu file diatas, contoh RPP kelas 4 (download). Akan terbuka jendela baru, muncul tampilan file yang dikehendaki. Dibagian kanan atas terdapat 3 menu: unduh, cetak, dan simpan. Bapak dan Ibu guru dapat melakukan pengunduhan dengan menekan menu anak panah kebawah dan simpan diperangkat.File administrasi diatas disusun menggunakan microsoft office word (docx). Hal ini memudahkan Bapak dan Ibu Guru untuk melakukan perubahan dan penyesuaian.Khusus untuk RPP, file dikompresi dalam bentuk zip supaya menghemat kuota saat pengunduhan, tetapi didalamnya tetap berbentuk file microsoft office word.Semoga beberapa administrasi diatas dapat membantu dan memudahkan Bapak dan Ibu Guru dalam menyelenggarakan pembelajaran di sekolah masing-masing. Jika terdapat masalah pengunduhan atau Anda ingin berbagi administrasi ataupun soal-soal latihan, silahkan tinggalkan komentar dibawah.
Soal:
Sebuah taman berbentuk persegi panjang. Panjang taman 300 m dan lebarnya setengah dari panjang taman. Di sekeliling taman tersebut dipasang lampu penerangan. Jarak antarlampu penerangan 25 m. Tempat duduk diletakkan mengelilingi taman dengan jarak 5 meter dari tepi luar. Jarak antartempat duduk 20 m. Selisih banyaknya tempat duduk dengan lampu penerangan adalah ….
A. 43 buah
B. 36 buah
C. 17 buah
D. 7 buah
3. Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi dasar:
Menggunakan nalar untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar makhluk hidup.
Indikator soal:
Memprediksi perubahan yang akan terjadi pada ekosistem tertentu jika ada salah satu komponen rantai makanan yang punah atau berkembang pesat/ada predator lain yang datang.
Soal:
Di sebuah ekosistem sawah terdapat tikus, ular, padi, elang. Untuk meningkatkan hasil panen padi, petani banyak yang memelihara dan melatih burung hantu untuk menangkap tikus di sekitar persawahan. Hal tersebut menyebabkan …
A. Elang terhindar dari kepunahan karena populasi ular menurun
B. Populasi ular meningkat dan elang terhindar dari kepunahan
C. Populasi ular menurun dan elang terancam punah
D. Elang terancam punah karena populasi ular meningkat
Pedoman Penskoran
Dalam konteks penilaian untuk pembelajaran (assesment for learning), guru harus mengolah dan menganalisis setiap jawaban siswa baik yang kurang tepat maupun jawaban lainnya. Jawaban yang kurang tepat sekalipun seharusnya diberikan skor yang sesuai
Hal ini sangat membantu guru untuk mengetahui kesulitan siswa (diagnostik) sehingga guru dapat menemukan cara yang efektif untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Untuk melengkapi materi yang ada pada halaman ini berikut ini kami sertakan file powerpoint yang didalamnya membahas lebih lanjut tentang soal HOTS disertai dengan contoh-contoh pengembangannya.
Download Panduan Penyusunan Soal HOTS (459 KB)