DOWNLOAD PROGRAM KERJA WAKASEK KESISWAAN, KURIKULUM, DAN PROGRAM BK/BP
Dalam rangka melaksakakantata kelola sekolah yang baik, ada beberapa perangkat pendukung yang harusdilengkapi, seperti DokumenKTSP, Rencana Kerja Sekolah atau Rencana Kerja Jangka Mengah, Rencana KerjaTahunan Sekolah, Program Kerja Kepala Sekolah serta beberapa perangkatlainnya.
Pada kesempatan ini sayacoba untuk mengulpoad contoh Program Kerja Wakil Kepala Sekolah(Wakasek) atau Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. contohProgram Kerja Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) atau Pembantu Kepala SekolahBidang Kesiswaan dan Program Bimbingan Konseling serta contoh program kerjasupervisi akademik.
Contoh ini diperuntukkanbagi mereka yang mengelola SMP Satu Atap atau SMP Negeri dan Swasta yang masihberstatus sekolah tumbuh. Bagi Anda yang membutuhkan silahkan download link dibawah ini:
Mudah-mudahan contoh ProgramKerja Wakasek/PKS Kurikulum, contoh Program Kerja Wakasek/PKS Kesiswaan, danProgram Kerja BP di atas dapat memberikan inpirasi kepada para kepalasekolah dan guru untuk membuat program kerja yang lebih baik, serta dapatmengimplemntasikan program kerja tersebut dalam pelaksanaan kegiatan disekolah.
Untuk Anda yangmembutuhkan contoh Dokumen KTSP, Rencana Kerja Sekolah atauRencana Kerja Jangka Mengah, Rencana Kerja Tahunan Sekolah, Program KerjaKepala Sekolah klik link di bawah ini
Contoh Program Kesiswaan SMP
PROGRAMKERJA KESISWAAN SMPN 1 CIBALIUNG
TAHUNPELAJARAN 2018/2019
A. LATAR BELAKANG
Salah satu pilar utamafungsi sekolah adalah fungsi Pendidikan, disamping fungsi pengajaran danpelatihan. Secara kelembagaan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan sekolahyang dirancang untuk mempersiapkan muridnya melanjutkan pendidikannya kejenjang yang tinggi yaitu, Sekolah Menengah Atas (SMA). Di sisi lain,kehidupan remaja pada usia tingkat SMP, terutama tingkat SMP sangatlah rentanterhadap penyalahgunaan obat-obat terlarang, tawuran, pergaulan bebas danpermasalahan remaja lainnya.
Keadaan tersebut di atas,merupakan masalah yang sangat banyak dihadapi dunia pendidikan Indonesia.Jumlah tenaga produktif yang besar tidaklah cukup jika tidak ditunjang oleh kualitaskemampuan yang diperlukan dalam persaingan pasar tenaga kerja. Besarnya jumlahlulusan yang tidak melanjutkan sekolah merupakan masalah sosial yang perlusegera ditanggulangi.
Namun, persoalan yang palingmendasar dari penyelenggaraan pendidikan di jenjang pendidikan dasar danmenengah adalah kenyataan bahwa proses pembelejaran terlalu berorientasi kepadapenguasaan materi pembelajaran, dan bukan dari makna atau nilai yangdikandungnya. Artinya, model pengajaran yang diterapkan selama ini cenderung terlalubanyak berteori dan tidak terkait dengan lingkungan. Akibatnya, murid tidakmampu menerapkan apa yang dipelajarinya di sekolah untuk memecahkan masalahyang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan seakan-akan tercabutdan terasingkan dari lingkungan kehidupan masayarakatnya sendiri dan acapkalimenghasilkan angkatan kerja yang tidak produktif atau bahkan menganggur. Inilahsalah satu faktor penentu yang memicu munculnya penyimpangan tingkah laku yangmengganggu ketertiban dan ketentraman keluarga, masayarakat, bangsa dan negara.
Salah satu jalan keluar yangdicoba diterapkan di SMP 1 Cibaliung Pandeglang untuk membenahi pendidikanialah konsep penyelenggaraan pendidikan berbasis luas kecakapan hidup (broadbased education-life skill). Konsep ini mengandung pengertian bahwa pendidikanharus mampu mewadahi berbagai kebutuhan masyarakat luas dengan dukungankeikutsertaan masyarakat dan penguasaan mata pelajaran bukan lagi menjaditujuan utama pengajaran, melainkan sarana untuk menanamkan nilai kehidupan danmenumbuhkembangkan kecakapan hidup.
Dalam kerangka dan dasarpemikiran seperti inilah profil, proses dan format pendidikan murid diSMPN 1 Cibaliung Pandeglang ingin menghasilkan Sumber Daya Manusiayang berkualitas tinggi, baik di bidang akhlaknya, intelektualnya dankeahlian/keterampilannya.
Kondisi kerja intern sekolahsangatlah menentukan keberhasilan tercapainya tujuan Visi dan Misi pendidikanSMPN 1 Cibaliung. Dimana fungsi dan proses pengajaran dan pelatihanmenjadi fokus tanggung jawab koordinasi dan wewenang bagian Wakil Kepala Sekolah Kurikulum atau PKSKurikulum, sedangkan fungsi dan proses pembudayaan/pembiasaan merupakan fokustanggung jawab bagian Wakil KepalaSekolah Kesiswaan atau PKS Kesiswaan SMPN 1Cibaliung beserta seluruh unsur pengelola program Ekstrakurikuler lainnya,agar apa yang kita cita-citakan dapat tercapai dengan baik ada dalam ridloAllah SWT.
Dalam melaksanakan tupokasisebagai bagian Wakil Kepala SekolahKesiswaan atau PKS Kesiswaan SMPN 1 Cibaliung, maka maka dipandang perlumenyusun suatu Program Kerja WakilKepala Urusan Kesiswaan atau PKS Kesiswaan SMP 1 Cibaliung yang komprehensif dan aplikatif, baik ditingkat strategis, taktis, maupun teknis operasionalnya.
B. KEBIJAKAN UMUM
Program Kerja Kesiswaan SMP. Kesiswaanbertugas mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa. Harapanutamanya adalah bagaimana siswa menjadi insan bertaqwa, cerdas dan berahlaqmulia selalu mengembangkan kepribadiaannya untuk keman pribadi, lingkungan danorang lain.
Semuakegiatan siswa sudah terakomodir dan difasilitasi oleh sekolah. Berkenaandengan tugas tersebut, PKS kes sudah menentukan garis besar semua kegiatan yangboleh diiikuti oleh siswa, diantaranya :
· Semua kegitan dilaksanakan dengan izin kepalasekolah dan orang tua siswa
· Semua kegiatan tidak melupakan tugasutamanya, yaitu belajar.
· Semua kegiatan selalu berorientasi untukpengembangan diri setiap siswa
· Semua kegiatan didanai oleh Bos Pusat, BosProvinsi dan Komite Sekolah Jadwal kegiatan harus disesuaikan dengan agendakegiatan sekolah.
· Semua kegiatan sudah terencana dengan baikdan matang.
· Semua kegiatan tidak menyebabkan eksesnegatif baik untuk SMP Negeri 2 Saketi maupun sekolah lainnya.
· Semua kegiatan ekstra kurik uler harusdilaksanakan di luar jam sekolah kecuali dalam keadaan mendesak denga kepalasekolah.
C. LANDASAN HUKUM
· Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 butir 6 yang mengemukakan konselor adalahpendidik, Pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnyapotensi peserta didik,dan Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselenggarakandengan memberi keteladanan, membangun kemaua mengembangkan kreativitas pesertadidik dalam proses pembelajaran, dan Pasal 12 Ayat (1b) yang menyatakan b setiappeserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayananpendidikan sesuai dengan ba minat, dan kemampuannya.
· Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005tentang Standar NasionalPendidikan, Pasal 5 s.d Pasal 18 tentang st isi untuksatuan pendidikan dasar dan menengah.
· Peraturan Menteri Pendidikan NasionalPermendikbud No 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasardan Menengah, yang memuat pengembangandiri peserta didik dalam strukturkurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan/atau dibimbing olehkonselor, guru, atau tenaga kependidikan.
· Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39Tahun 2008 tentang materi pembinaan kesiswaan Dasar Standarisasi ProfesiKonseling yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun2004 untu memberi arah pengembangan profesi konseling di sekolah dan di luarsekolah.
D. FUNGSI KESISWAAN
1. Mewakili Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolahapabila berhalangan hadir kecuali masalah keuangan dan penandatanganansurat-surat yang tidak didelegasikan.
2.Menyusun program kegiatan kesiswaan setiap awal tahun pelajaran danmelaporkannnya kepada Wakil Kepala Sekolah / Kepala Sekolah untuk mendapatkanpengesahannya.
3. Merencanakan dan melaksanakan penerimaanpeserta didik baru
4. Bersama staf kurikulum mengelola mutasi siswadan melaporkannya kepada Wakil Kepala Sekolah / Kepala Sekolah
5. Merencanakan dan melaksanakan masa orientasipeserta didik baru.
6. Mengorganisir:
a.Kegiatan pembinaan OSIS
b.Kegiatan Ekstrakurikuler
c.Kegiatan Upacara Bendera
d.7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerindangan,Kedamaian danKekeluargaan)
e.Kegiatan pelepasan peserta didik kelas IX.
f.Kegiatan pengayaan dan tryout kelas IX
g.Pembinaan siswa berprestasi
f.Kegiatan memberikan informasi tentang lembaga pendidikan SMA/SMK bagi pesertadidik kelas IX.
7. Mengatur tata tertib peserta didik dan menguruspeserta didik yang melanggar tata tertib.
8. Mengatur seluruh aktivitas peserta didik baikdi dalam maupun di luar sekolah
9. Mengorganisir pelaksanaan karya wisata pesertadidik. 10. Melaksanakan pemilihan calon peserta didik teladan dan calon siswapenerima beasiswa bersama-sama dengan BK.
E. VISI DAN MISI
Program kerja kesiswaan SMP1 Cibaliung ini mempunyai Visi dan Misi yang sesuai denganvisi dan misi sekolah yaitu: Visi : Kerja Bersama, Bersama Kerja MewujudkanPeserta Didik yang Unggul dalam berbagai bidang.
Misi:
1. Melaksanaan pembinaan agama secara rutin
2. Mengoptimalisasi kinerja seluruh komponen
3 Menanamkan nilai-nilai etika dalam pergaulandi sekolah maupun di masyarakat
4. Mendorong kreatifitas dan produktifitas untukberkarya dan berprestasi.
F. STRATEGI
1.Mengembangkan kreatifitas, bakat, dan minat siswa
a. Membuat kegiatan-kegiatan yang berguna buatsiswa
b. Melaksanakan kegiatan yang kreatif dan inovatif
c. Membuat program kerja setiap kegiatan yangdilaksanakan oleh OSIS dan ekstrakurikuler.
d. Membuat anggaran yang proporsional untuk setiapkegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan kegiatan esktra kulikuler
2.Mencetak siswa yang berprestasi di dalam akademik dan organisasi
a. Memantau seluruh kegiatan ekstra kurikuler danOSIS.
b. Mengikuti seluruh turnamen, lomba-lomba,kuis-kuis, seleksi siswa teladan di Banten maupun di luar Banten .
c. Mengirim siswa berprestasi ke tingkat ProvinsiBanten dan tingkat nasional di bidang seni/olahraga dan akademik.
d.Mengutus siswa mengikuti seminar dan diklat yang dilaksanakan olehlembagalembaga tertentu yang berhubungan dengan pengembangan kepribadian siswa.
e.Mendata kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh siswa
G. PROGRAM KERJA KESISWAAN
1. PROGRAM KERJA JANGKAPENDEK
Adapunprogram jangka pendek merupakan suatu rencana pencapaian tujuan kegiatan dalamkurun waktu 1 semester sampai 1 tahun, diantaranya:
a. Menyusun programkerja
b. Mewajibkansetiap peserta didik untuk memilih maximal 2 kegiatan ekstra kurikuler denganpersetujuan orang tua/wali
c. Menyusun jadwalkegiatan setiap kegiatan OSIS dan ekskul ( semua jadwal terlampir)
d. Membuat TataTertib Siswa ( terlampir)
e. Menyusunpengurus dan pembina OSIS dan ekskul ( terlampir)
f. Membina siswayang bermasalah.
g. Memantau danmembimbing kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan ekskul ( jeniskegiatanterlampir)
h. Menjalin hubunganbaik dengan Wakasek, Kurikulum, Sarpras dan Humas.
2. PROGRAM KERJA JANGKAPANJANG
Programjangka panjang merupakan suatu rencana pencapaian tujuan kegiatan dalam kurunwaktu 2 - 5 tahun, diantaranya:
a. Membangunsekolah yang berwawasan disiplin dan patuh terhadap aturan yang berlaku.
b. Mencetak siswayang berprestasi di Banten dan Nasional.
c. Mengembangkankepribadian siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku.
d. Mengirimkanwakil atau duta siswa yang mengikuti OSN, O2SN, LPIR, FLS2N dan lomba tingkatinternasional.
e. Mencetak siswayang mempunyai kemampuan bertaraf nasional dan internasional
3. RINCIAN PROGRAM KERJADALAM 1 TAHUN
1. Kegiatan Awal Tahun
a. Menyusun programkerja,OSIS, Wakil kesiswaan dan para Pembina OSIS
b. Melaksanakanrapat koordinasi kesiswaan
c. Bersama PKSHumas menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta pembina upacara.
d. Mendata jadwalpetugas piket OSIS
e. Rapatkoordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOPD (Masa Orientasi Siswa)sesuai juklak dan juknis
f. Pengenalan dan pembinaan wawasan wiyata mandala,pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan / OSIS dalam rangka penegakandisiplin melalui penerapan tata tertib siswa.
g. Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni keamanan,kebersihan, ketertiban, kerindangan dan kekeluarg
h. Mengarahkansiswa untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikutisesuai minat dan baka i. Mempublikasikan para pembina, pelatih dan kordinatorkesiswaann.
j. Registrasi danpencatatan anggota masing masing EKSKUL
k. Melaksanakanuji kelayakan pengurus OSIS dan MPK
l. Mengadakanlatihan dasar kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus OSIS
m. Pempublikasian5K pengurus OSIS dan MPK
n. Pempublikasianjadwal kegiatan mencakup: sarat calon penerima beasiswa dan jenis beasiswa,calon siswa tela serta karyawisata dan yang lainnya.
o. Pendataanbiodata siswa diklasifikasikan sesuai minatnya dalam kegiatan ekskul.
2.Kegiatan Harian
a. Membina siswauntuk tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada disekolah baik yangtertulis maupun ya tertulis.
b. Mengamatti danmendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi di SMP Negeri 2 Saketi
c. Mendata danmemberikan point nilai pelanggaran bagi siswa yang melangggar peraturan
d. Mengontrolpelaksanaan 5K dilingkungban sekolah
e. Melaksanakantugas-tugas pendelegasian dari kepala sekolah
f. Menandatanganipenggunaan anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaransekolah persetujuan pimpinan.
g. Mewakili gurupiket jika yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
h. Mengirimkansiswa unntuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala sekolah
i. Mengirimkanpembina atau pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai latihan atauperlombaan
3.Kegiatan Mingguan
a. Mengawasi,mengontrol dan mengabsen pelaksanaan kegiatan ekstra kurikiler
b. Melaksanakanpengibaran dan penurunan bendera tiap satu minggu sekali
c. Pembinaantentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib sekolah danmelaksanakan 5K
4.Kegiatan Bulanan
a. Membimbingpengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadwal kegiatanseperti hari be agama atau nasional
b. Penerbitan majalahsiswa WaW / Mading c. Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS dan MPK danpara Pembina OSIS atau dengan para Pembina l
d. Bersama parapembina dan petugas piket mengadakan razia.
e. Melaksanakanrapat koordinasi dengan para Pembina.
5.Kegiatan Semester I
a. MOPD (MasaOrientasi Peserta Didik) / MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
b. Upacara Bendera
c. Pengumumanberbagai hasil penilaian kreativitas siswa menyangkut 5K, absensi danpelaksanaan upacara pengibaran bendera.
d. Pemilihan MPK
e. Pemilihan OSIS
f. Pesantren kilat
g. Diklatekstrakulikuler
h. Lomba CepatTepat Siswa
i. Latihan dasarkepemimpinan siswa (LDKS).
6. Kegiatan semester II
a. Karyawisata
b. Menyiapkan danmelaksanakan perpisahan kelas IX
c. Mengadakanrapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
d. Mengadakan razia
e. Mengadakanclasmeeting dengan mata lomba wajib :
• Pidato BahasaInggris, Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia.
• LCC
• Dakwah
• Lomba Baca Puisi
• Bola voli
• Tenis Meja
• Catur
f. Upacarapengibaran bendera
g. Peringatan IsraMiraj
h. Peringatanmaulid Nabi Muhammad SAW
i. EXPO
7.Kegiatan Akhir Tahun
a. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia siswabaru
b. Memberikan SK kepala Sekolah pada panitia penerimaansiswa baru
c. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia MOPD
d. Memberikan SK kepsek pada panitia MOPD
e. Melaksanakan PSB dan MOPD
f. Laporan evaluasi Program
H. PENUTUP
Semuakegiatan yang akan dilaksanakan, baik langsung oleh sekolah maupun oleh siswayang berkaitan dengan pengembangan kepribadian selalu terencana dengan baik danmatang dengan selalu membuat rencana program kerja atau kegiatan dan rencanaanggaran kegiatan. Semua rencana harus dilaksanakan dengan baik sesuai denganagenda sekolah dan selalu dipantau oleh Wakasek dan Kepala Sekolah melaluikesiswaan. Peran serta yang sangat aktif dari seluruh siswa sangat diharapkandemi terwujudnya kepribadian siswa yang menuju ke arah yang positif.
Saketi, Juli 2018
Mengetahui,
KepalaSekolah WakasekKesiswaan,
LAMPIRAN
Program ke-1 : Menyusun petunjuk pelaksanaan operasional proses penerimaan peserta didik(PPD)
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Menyusun petunjuk pelaksanaan operasional proses penerimaan peserta didik (PPD) | Panitia PPD | Proses pendaftaran dan penerimaan berjalan sesuai prosedur/alur | |
2. | Sosialisasi PPD | Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah terdekat | Mempromosikan/mengenalkan sekolah kepada SD/Madrasah | |
3. | Pendaftaran dan penerimaan peserta didik (PPD) | Pendidik dan Tenaga Kependidikan | Mengetahui jumlah pendaftar yang masuk | |
Program ke-2 : MasaOrientasi Sekolah / Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Menyusun jadwal kegiatan MOS / MPLS | Calon peserta didik | Kegiatan berjalan sesuai jadwal | |
Program ke-3 : Pelayanan Bimibingandan konseling
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Pelayanan Bimibingan dan konseling | Peserta didik | Sebagai solusi untuk mendapatkan layanan bimbingan/konseling terhadap masalah yang dihadapai peserta didik |
Program ke-4 : Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Shalat berjama’ah | Semua warga sekolah | Menumbuhkan semangat persatuan,kesatuan dan persaudaraan | |
2. | Memperingati hari-hari besar keagamaan | Semua warga sekolah | - Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa - Menambah pengetahuan agama | |
3. | Mengadakan lomba yang bernuansa keagamaan | Peserta didik | - Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa - Menambah pengetahuan agama | |
4. | Istighasah | Peserta didik kelas IX,Bp/Ibu Guru ,Staf TU/karyawan dan orang tua/wali murid | - Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa |
Program ke-5 : Pembinaanbudi pekerti luhur
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah | Semua warga sekolah | Menanamkan ketaatan dan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku | |
2. | Kebersihan kelas dan lingkungan | Ruang kelas | Tercipta dan terjaganya kebersihan dan kesehatan pribadi dan lingkungan | |
3. | Santunan yatim piatu | Peserta didik | - Meringankan beban kebutuhan hidupnya - Menanamkan rasa peduli sosial | |
4. | Santunan kematian/bencana alam | Peserta didik,orangtua/wali murid dan masyarakat | - Meringankan beban kebutuhan hidupnya - Menanamkan rasa peduli sosial | |
5. | Melakukan kegiatan infaq tiap Jum’at | Peserta didik | - Menanamkan rasa rela berkorban untuk orang lain | |
6. | Melaksanakan penerimaan dan penyaluran zakat fitrah | Peserta didik,orangtua/wali murid dan masyarakat | - Meringankan beban kebutuhan hidupnya - Menanamkan rasa peduli sosial | |
7. | Melaksanakan penyembelihan hewan kurban | Peserta didik,orangtua/wali murid dan masyarakat | - Menanamkan rasa peduli sosial |
Program ke-6 : Pembinaankepribadian kebangsaan dan bela negara
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Melaksanakan upacara bendera hari Senin dan hari-hari besar nasional | Semua warga sekolah | - Menanamkan jiwa patriotisme - Menanamkan nilai-nilai luhur para pejuang bangsa | |
2. | Melaksanakan PERSAMI | Peserta didik terpilih | Menanamkan dan mengikat tali persatuan,kesatuan dan persaudaraan | |
3. | Mengunjungi tempat-tempat nilai bersejarah | Kelas VIII | - Mengenalkan kekayaan aneka ragam nilai sejarah - Menanamkan nilai cinta tanah air |
Program ke-7 : Pembinaanprestasi akademik,seni dan olah raga
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Menyelenggarakan festival dan lomba seni | Peserta didik | - Mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki peserta didik | |
2. | Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olah raga | Peserta didik | - Mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki peserta didik | |
3. | Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah | Semua warga sekolah | - Menambah wawasan dan perbendaharaan ilmu pengetahuan | |
4. | Mengadakan widya wisata | Kelas VIII | - Menambah wawasan dan perbendaharaan ilmu pengetahuan |
Program ke-8 : PembinaanPendidikan politik dan sosial
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Mengadakan MOS | Calon peserta didik kelas VII | Mengenalkan lebih dekat segala yang berhubungan sekolah dan kegiatannya | |
2. | Mengadakan LDK | Pengurus OSIS lama dan pengurus OSIS baru | Menanamkan dasar-dasar dalam kepemimpinan | |
3. | Melaksanakan penghijauan | Semua warga sekolah | - Menciptakan lingkungan yang hijau dan asri |
Program ke-9 : Pembinaankreativitas, ketrampilan dan kewirausahaan
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Meningkatkan usaha koperasi siswa | Peserta didik | Menanamkan jiwa kewirausahaan dan punya ketrampilan |
Program ke-10 : Pembinaan kualitas jasmani, kesehatandan gizi
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Melaksanakan kebersihan kelas dan lingkungannya | Semua ruang kelas dan lingkungannya | Tercipta dan terjaganya kebersihan dan kesehatan | |
2. | Mengadakan kegiatan jalan sehat dan senam | Semua warga sekolah | Tercipta dan terjaganya kesehatan | |
3. | Melaksanakan kegiatan UKS (PMR) | Peserta didik | Menanamkan rasa bertanggungjawab dalam penanganan bidang kesehatan |
Program ke-11 : Kegiatan ekstrakurikuler
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Atletik | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
2. | Bola volly | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
3. | Pencak silat | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
4. | Drum band | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
5. | Pramuka | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
6. | PMR | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
7. | BTQ | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
8. | KIR | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik | |
9. | Bahasa Inggris | Peserta didik | Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik |
Program ke-12 : Mengikuti kegiatan lombarumpun mapel
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Mengikuti kegiatan lomba rumpun mapel | Peserta didik | Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang dimiliki |
Program ke-13 : Mengikuti kegiatanlomba keagamaan
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Mengikuti kegiatan lomba keagamaan | Peserta didik | Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang dimiliki |
Program ke-14 : Mengikuti lomba KIR
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Mengikuti lomba KIR | Peserta didik | Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang dimiliki |
Program ke-15 : Mengikuti lomba cabang olahraga
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Mengikuti lomba cabang olah raga | Peserta didik | Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang dimiliki |
Program ke-16 : Membentuk ikatan alumni tiapangkatan
NO | BENTUK KEGIATAN | SASARAN | TUJUAN | |
1. | Menyelenggarakan reuni | Alumni sekolah | Pelacakan peserta didik lulusan sekolah (alumni) tiap angkatan |