UNDUH BUKU PENILAIAN BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL)
Direktorat Jenderal Guru danTenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS (HigherOrder Thinking Skill). Materi buku ini bertujuan untuk membekali guru agar mampu melaksanakan penilaian berbasis HOTS sehingga siswa terbiasa dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepadaketerampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) agarterdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik yang meliputi aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaiansikap dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugastertentu. Penilaian hasil belajaroleh pendidik ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasiproses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
Penyempurnaan kurikulum 2013 antara lain pada standar isi diperkaya dengan kebutuhan peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional, sedangkan pada standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yangmengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil belajar diharapkan dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), karena berpikir tingkat tinggi dapatmendorong peserta didik untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materipelajaran.
Penilaian berorientasi HOTSbukanlah sebuah bentuk penilaian yang baru bagi guru dalam melakukan penilaian.Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melakukan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS.
Buku pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) inidikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
1. Memberikan acuan kepada guru dalammengembangkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
2. Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan penilaian berorientasi pada KeterampilanBerpikir Tingkat Tinggi;
3. Memberikan acuan pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial terhadap pelaksanaan penilaian berorientasi pada KeterampilanBerpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.
Sasaran penggunaan buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) iniadalah sebagai berikut:
1. Guru Jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dannormatif.
2. Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan LuarBiasa (PLB).
3. Kepala Sekolah /Madrasah.
4. Pengawas Sekolah /Madrasah.
Selengkapnya silahkanpelajari Buku Penilaian Berorientasi HOTS(Higher Order Thinking Skill), melalui link download yang tersdia di bawah ini.
Link Unduh Buku Penilaian Berorientasi HOTS
Demikian informasi tentang Buku Penilaian Berorientasi HOTS EdisiTahun 2018. Semoga bermanfaat, terima kasih.