Bangun datar adalah bangun yang berbentuk dua dimensi. Beberapa contoh bangun datar yaitu lingkaran, segitiga, persegi, persegi panjang, layang-layang, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, dan segi banyak. Pada halaman ini akan ditampilkan contoh soal berkaitan dengan ciri-ciri bangun datar disertai dengan jawaban dan pembahasannya.Soal Ciri-Ciri Bangun DatarSoal 1Perhatikan sifat-sifat bangun datar di bawah ini:i. mempunyai 4 titik sudutii. mempunyai 2 pasang sisi sama panjangiii. mempunyai 2 pasang sudut yang sama besariv. mempunyai 4 buah sisiSifat yang dimiliki oleh bangun datar layang-layang ditunjukkan nomor ….A. i dan iiiB. ii, iii, dan ivC. i, ii, dan iiiD. i, ii, dan ivJawaban: DPembahasan:layang-layang hanya memiliki 1 pasang sudut yang sama besar, sedangkan yang sepasang lagi tidak sama besar.Soal 2Anya memperoleh tugas untuk menggambar bangun datar dengan ciri memiliki dua pasang sisi sama panjang dan kedua diagonalnya berpotongan tidak tegak lurus. Bangun datar yang akan digambar Anya adalah ….A. jajar genjang dan layang-layangB. layang-layang dan belah ketupatC. persegi panjang dan jajar genjangD. persegi panjang dan belah ketupatJawaban: CPembahasan:Bangun datar layang-layang dan belah ketupat memiliki diagonal yang berpotongan tegak lurus.Baca Juga : Kumpulan Soal Cerita Balok dan PembahasannyaSoal Ciri-Ciri Bangun Datar 3Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut!memiliki empat sisi sama panjangmemiliki dua pasang sudut sama besarmemiliki dua pasang sisi sama panjangsalah satu sudutnya siku-sikutidak memiliki simetri lipatkedua diagonalnya berpotongan tegak lurusSifat-sifat bangun jajar genjang ditunjukkan oleh nomor ….A. 1, 2, 3B. 2, 3, 4C. 2, 3, 5D. 3, 4, 6Jawaban: CPembahasan:Jajar genjang memiliki dua pasang sudut sama besar, dua pasang sisi sama panjang, dan tidak memiliki simetri lipat.Soal 4Sebuah bangun datar memiliki 4 sisi, dua pasang sisi sejajar dan sama panjang. Sepasang sudut lancip dan sepasang sudut tumpul. Kedua diagonalnya saling berpotongan tegak lurus. Nama bangun datar yang sesuai dengan ciri-ciri tersebut adalah ….A. persegiB. jajar genjangC. layang-layangD. belah ketupatJawaban: DPembahasan:– persegi sudutnya 90 derajat– jajar genjang diagonalnya tidak berpotongan tegak lurus– layang-layang dua pasang sisinya tidak sejajarSoal 5Berikut adalah sifat-sifat bangun datar:sisinya sama panjangsudut berhadapan sama panjangkedua diagonalnya sama panjangsepasang sudut berhadapan sama besardua pasang sisi sama panjangdiagonalnya saling berpotongan tegak lurusmempunyai dua simetri lipatSifat-sifat bangun belah ketupat ditunjukkan oleh ….A. 1, 2, 6, dan 7B. 2, 5, 6, dan 7C. 3, 4, 5, dan 7D. 1, 2, 4, dan 7Jawaban: APembahasan:belah ketupat memiliki diagonal yang tidak sama panjang dan memiliki dua pasan sudut berhadapan sama besar.Demikianlah soal ciri-ciri bangun datar beserta pembahasannya, semoga dapat bermanfaat bagi guru dan peserta didik dalam belajar di kelas dan sekolah.
Bangun datar adalah bangun yang berbentuk dua dimensi. Beberapa contoh bangun datar yaitu lingkaran, segitiga, persegi, persegi panjang, layang-layang, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, dan segi banyak. Pada halaman ini akan ditampilkan contoh soal berkaitan dengan ciri-ciri bangun datar disertai dengan jawaban dan pembahasannya.
Soal Ciri-Ciri Bangun Datar
Soal 1
Perhatikan sifat-sifat bangun datar di bawah ini:
i. mempunyai 4 titik sudut
ii. mempunyai 2 pasang sisi sama panjang
iii. mempunyai 2 pasang sudut yang sama besar
iv. mempunyai 4 buah sisi
Sifat yang dimiliki oleh bangun datar layang-layang ditunjukkan nomor ….
A. i dan iii
B. ii, iii, dan iv
C. i, ii, dan iii
D. i, ii, dan iv
Jawaban: D
Pembahasan:
layang-layang hanya memiliki 1 pasang sudut yang sama besar, sedangkan yang sepasang lagi tidak sama besar.
Soal 2
Anya memperoleh tugas untuk menggambar bangun datar dengan ciri memiliki dua pasang sisi sama panjang dan kedua diagonalnya berpotongan tidak tegak lurus. Bangun datar yang akan digambar Anya adalah ….
A. jajar genjang dan layang-layang
B. layang-layang dan belah ketupat
C. persegi panjang dan jajar genjang
D. persegi panjang dan belah ketupat
Jawaban: C
Pembahasan:
Bangun datar layang-layang dan belah ketupat memiliki diagonal yang berpotongan tegak lurus.
Baca Juga : Kumpulan Soal Cerita Balok dan Pembahasannya
Soal Ciri-Ciri Bangun Datar 3
Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut!
- memiliki empat sisi sama panjang
- memiliki dua pasang sudut sama besar
- memiliki dua pasang sisi sama panjang
- salah satu sudutnya siku-siku
- tidak memiliki simetri lipat
- kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus
Sifat-sifat bangun jajar genjang ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 2, 3, 5
D. 3, 4, 6
Jawaban: C
- KPK adalah kumpulan persekutuan terkecil dari beberapa bilangan. Pengembangan soal KPK dapat berupa soal langsung maupun soal cerita. Soal yang disusun biasanya terdiri dari 3 bilangan yang berbeda. Soal dengan tingkatan sulit dari operasi KPK ini digunakan untuk menghitung tanggal pertemuan berikutnya maupun sebelumnya.Kumpulan soal berikut akan dibagi menjadi dua. Bagian A berisi soal langsung berupa soal yang tidak dilengkapi dengan ilustrasi cerita. Sedangkan bagian B berisi soal cerita yaitu soal yang dilengkapi dengan ilustrasi.A. Soal KPK LangsungSoal 1Kelipatan persekutuan terkecil dari 21, 24, dan 36 adalah ….Jawab: 504Pembahasan:KPK21243622112182216922139371337117111KPK dari 21, 24, dan 36 adalah 2 x 2 x 2 x 3 x 3 x 7 = 504Soal 2Kelipatan persekutuan terkecil dari 24, 40, dan 88 adalah ….Jawab: 1.320Pembahasan:KPK244088212204426102223511315115111111111KPK dari 24, 40, dan 88 adalah 2 x 2 x 2 x 3 x 5 x 11 = 1.320Soal 3 KPKKelipatan persekutuan terkecil dari 27, 51, dan 70 adalah ….Jawab: 32.130Pembahasan:KPK2751702275135391735331735311735511777117117111KPK dari 24, 40, dan 88 adalah 2 x 3 x 3 x 3 x 5 x 7 x 17 = 32.130Soal 4Kelipatan persekutuan terkecil dari 39, 45, dan 65 adalah ….Jawab: 585Pembahasan:KPK394565313156531356551311313111KPK dari 39, 45, dan 65 adalah 3 x 3 x 5 x 13 = 585Soal 5Kelipatan persekutuan terkecil dari 42, 56, dan 72 adalah ….Jawab: 504Pembahasan:KPK4256722212836221141822179377337717111KPK dari 42, 56, dan 72 adalah 2 x 2 x 2 x 3 x 3 x 7 = 504B. Soal Cerita KPKJika soal cerita tersebut berkaitan dengan tanggal, maka peserta didik harus sudah hafal jumlah hari dari setiap bulan. Misalnya bulan Maret sampai 31, bulan Agustus sampai 31, dan seterusnya.Soal 1Rani belajar melukis setiap 8 hari sekali, Candra setiap 9 hari sekali, dan Ayu setiap 6 hari sekali ditempat yang sama. Mereka bertiga belajar melukis bersama yang pertama kali tanggal 17 Januari 2020. Karena ada pameran, belajar melukis bersama mereka yang ketiga dimajukan 1 minggu. Mereka belajar melukis bersama yang ketiga pada tanggal ….Jawab: 3 Juni 2020Pembahasan:KPK68923492329231931133111KPK dari 6, 8, dan 9 adalah 2 x 2 x 2 x 3 x 3 = 72 hariPertemuan ketiga setelah 72 x 2 = 144 haridimajukan seminggu 144 – 7 = 137 hari= 17 Januari 2020 + 137 hari= 154 hari – 31 Desember 2020= 123 hari – 29 Februari 2020= 94 hari – 31 Maret 2020= 63 hari – 30 April 2020= 33 hari – 31 Mei 2020= 3 hari – 30 Juni 2020 (tidak bisa)= 3 Juni 2020Jadi mereka akan belajar melukis bersama pada tanggal 3 Juni 2020Soal 2Arif berlatih renang setiap 6 hari sekali, Bayu berlatih setiap 8 hari sekali, dan Candra berlatih setiap 9 hari sekali. Mereka berlatih bersama-sama untuk kedua kalinya pada tanggal 2 Februari 2020. Mereka berlatih untuk yang pertama kali secara bersama-sama pada tanggal ….Jawab: 22 Oktober 2019Pembahasan:KPK68923492329231931133111KPK dari 6, 8, dan 9 adalah 2 x 2 x 2 x 3 x 3 = 72 hari= 72 hari – 2 Februari 2020= 70 hari – 31 Desember 2019= 39 hari – 30 November 2019= 9 hari – 31 Oktober 2019 (tidak bisa)= 31 Oktober 2019 – 9 hari= 22 Oktober 2019Jadi berlatih untuk pertama kalinya pada tanggal 22 Oktober 2019Soal 3 KPKAnggun, Intan, dan Rara kursus biola di tempat yang sama. Anggun kursus 4 hari sekali, Intan 6 hari sekali, dan Rara 9 hari sekali. Pada hari Rabu, 12 Februari 2020, mereka kursus biola bersama. Mereka akan kursus biola bersama-sama berikutnya pada ….Jawab: Kamis, 19 Maret 2020Pembahasan:KPK4692239213931133111KPK dari 4, 6, dan 9 adalah 2 x 2 x 3 x 3 = 36 hari= 36 hari + 12 Februari 2020= 48 hari – 29 Februari 2020= 19 hari – 31 Maret 2020 (tidak bisa)= 19 Maret 2020Menghitung hari = 36 hari : 7 = 5 sisa 1 hari1 hari + Rabu = KamisJadi mereka akan kursus biola bersama-sama pada hari Kamis, 19 Maret 2020Soal 4Rama, Satria, dan Yuda berlatih berenang di tempat yang sama. Rama berlatih setiap 5 hari sekali, Satria 4 hari sekali, dan Yuda 3 hari sekali. Pada tanggal 3 Maret 2020, mereka bertiga berlatih bersama yang kedua kalinya. Mereka berlatih bersama pertama kalinya pada tanggal ….Jawab: 3 Januari 2020Pembahasan:KPK3452325231531155111KPK dari 3, 4, dan 5 adalah 2 x 2 x 3 x 5 = 60 hari= 60 hari – 3 Maret 2020= 57 hari – 29 Februari 2020= 28 hari – 31 Januari 2020 (tidak bisa)= 31 Januari 2020 – 28 hari= 3 Januari 2020Jadi mereka berlatih bersama pertama kalinya pada tanggal 3 Januari 2020Soal 5Andra, Bima, Carlie bermain tepuk bergantian. Andra bertepuk setiap 16 detik, Bima setiap 20 detik, dan Carlie 24 detik. Jika sekarang mereka bertepuk bersama-sama, mereka akan bertepuk bersama lagi setelah … menit.Jawab: 4 menitPembahasan:KPK16202428101224562253215331515111KPK dari 16, 20, dan 24 adalah 2 x 2 x 2 x 2 x 3 x 5 = 240 detik240 detik : 60 detik = 4 menitJadi mereka bertiga akan bertepuk lagi setelah 4 menit.
- Soal menentukan modus digunakan untuk mencari data yang paling sering muncul dari kumpulan data-data. Data umumnya berupa berat badan, tinggi badan, jumlah siswa, atau benda-benda disekitar.Soal Menentukan ModusSoal 1Data berat badan siswa kelas 5 adalah sebagai berikut:30, 35, 40, 35, 30, 40, 45, 35, 35, 30, 40, 30, 45, 30, 40, 30, 45, 40, 35, 45, 40, 35, 30, dan 45.Modus data tersebut adalah ….A. 30B. 35C. 40D. 45Jawaban: APembahasan:30 muncul 7 kali35 muncul 6 kali40 muncul 6 kali45 muncul 5 kaliJadi modus data tersebut adalah 30 dengan kemunculan sebanyak 7 kali.Soal 2Berikut data nilai tengah semester mata pelajaran IPS73, 83, 93, 76, 83, 83, 86, 96, 76, 76, 86, 96, 76, 86, 96, 83, 93, 73, 73, 93, 83, 96, 86, 73, 86, 73, 83, 96Modus data tersebut adalah ….A. 73B. 83C. 86D. 96Jawaban: BPembahasan:73 muncul 5 kali83 muncul 6 kali86 muncul 5 kali96 muncul 5 kaliJadi modus data tersebut adalah 83 dengan kemunculan sebanyak 6 kali.Soal 3Toko bibit tanaman Mekar pada akhir bulan November mempunyai persediaan antara lain mangga 86 pohon, jeruk 120 pohon, pepaya 154 pohon, rambutan 102 pohon, dan jambu 145 pohon. Penjualan selama bulan Desember membuat persediaan secara keseluruhan ada 293 pohon. Rincian persediaan bibit pada akhir Desember yaitu mangga 30 pohon, pepaya 82 pohon, rambutan 60 pohon, jambu 85 pohon, dan selebihnya bibit pohon jeruk. Modus penjualan pada bulan Desember adalah ….A. jerukB. jambuC. pepayaD. rambutanJawaban: APembahasan:Penjualan selama bulan Desembermangga = 86 – 30 = 56jeruk = 120 – (293 – 30 – 82 – 60 – 85) = 120 – 36 = 84pepaya = 154 – 82 = 72rambutan = 102 – 60 = 42jambu = 145 – 85 = 60Jadi modus penjualan/penjualan terbanyak pada bibit jeruk dengan penjualan sebanyak 84 bibitBaca Juga : Kumpulan Soal Menghitung Rata-Rata (Mean)Soal 4Taman Nasional Gunung Merapi melakukan reboisasi. Sebanyak 3.000 bibit dari berbagai jenis pohon ditanam. Sebanyak 654 bibit pohon sengon, 457 bibit pohon akasia, 568 bibit pohon trembesi, 688 bibit pohon gayam, dan sisanya bibit pohon mahoni. Modus dari jenis pohon yang ditanam adalah ….A. pohon trembesiB. pohon sengonC. pohon gayamD. pohon mahoniJawaban: CPembahasan:pohon trembesi 568 bibitpohon sengon 654 bibitpohon gayam 688 bibitpohon mahoni = 3.000 -654 – 457 – 568 – 688 = 633 bibitJadi modus dari jenis pohon yang ditanam adalah pohon gayam sebanyak 688 bibit.Soal 5Tabel berikut adalah data banyaknya pengunjung perpustakaan selama 5 hari.NoPengunjungSeninSelasaRabuKamisJumat1Kelas 110111217182Kelas 211101719163Kelas 315121310154Kelas 41691415145Kelas 512131615186Kelas 61810151513Modus pengunjung perpustakaan adalah ….A. kelas 2B. kelas 3C. kelas 4D. kelas 5Jawaban: DPembahasan:kelas 2 = 11 + 10 + 17 + 19 + 16 = 73kelas 3 = 15 + 12 + 13 + 10 + 15 = 65kelas 4 = 16 + 9 + 14 + 15 + 14 = 68kelas 5 = 12 + 13 + 16 + 15 + 18 = 74Jadi modus pengunjung perpustakaan adalah kelas 5.
- Soal menghitung rata-rata atau biasa disebut mean digunakan untuk menghitung rata-rata beberapa data dengan cara menjumlahkan data tersebut kemudian dibagi dengan banyaknya data. Soal menghitung rata-rata ini secara umum bisa dikembangkan menjadi soal mudah dan soal sukar.Soal Menghitung Rata-Rata (Mean)Bentuk soal untuk menghitung rata-rata dikelompokkan menjadi dua yaitu soal mudah dan soal sukar. Pada nomor awal akan ditampilkan bentuk-bentuk soal yang mudah, kemudian pada bagian bawah akan ditampilkan pengembangan yang lebih rumit dan sukar.Soal Menghitung Mean MudahSoal 1Data nilai ulangan harian Susi sebagai berikut:85, 85, 90, 85, 85, 75, 90, dan 95.Rata-rata nilai ulangan tersebut adalah ….A. 83,75B. 85,00C. 86,20D. 86,25Jawaban: DPembahasan:rata-rata = ( 85 + 85 + 90 + 85 + 85 + 75 + 90 + 95) : 8rata-rata = 690 : 8rata-rata = 86,25Jadi rata-rata nilai ulangan harian Susi adalah 86,25Soal 2Nilai ulangan Matematika SD Janaka sebagai berikut:78, 94, 84, 88, 86, 92, 84, 92, 86, 92, 86, 84, 94, 86, 78, dan 92.Rata-rata nilai ulangan Matematika SD Janaka adalah ….A. 87,00B. 87,13C. 87,25D. 87,38Jawaban: CPembahasan:rata-rata = (78 + 94 + 84 + 88 + 86 + 92 + 84 + 92 + 86 + 92 + 86 + 84 + 94 + 86 + 78 + 92) : 16rata-rata = 1.396 : 16rata-rata = 87,25Jadi rata-rata nilai ulangan matematika SD Janaka adalah 87,25Soal 3Berikut data berat buah mangga setiap karung (dalam kg).95, 102, 98, 97, 89, 112, 115, 96, 105, 108, 83, 90, 104, 86, 95, 113Rata-rata berat mangga setiap karung adalah … kg.A. 96,75B. 97,12C. 99,25D. 99,40Jawaban: CPembahasan:rata-rata = (95 + 102 + 98 + 97 + 89 + 112 + 115 + 96 + 105 + 108 + 83 + 90 + 104 + 86 + 95 + 113) : 16rata-rata = 1.588 : 16rata-rata = 99,25Jadi rata-rata berat mangga setiap karung adalah 99,25 kg.Soal 4Hasil ulangan bahasa Indonesia siswa kelas VI sebagai berikut:75, 80, 80, 85, 70, 75, 90, 85, 85, 70, 70, 75, 95, 80, 80, 75, 75, 90, 80, 85, 80, 80, 95, 90, 85, 80, 80, dan 85.Rata-rata nilai ulangan bahasa Indonesia siswa kelas VI adalah ….A. 78,57B. 80,25C. 81,07D. 81,25Jawaban: DPembahasan:rata-rata = (75 + 80 + 80 + 85 + 70 + 75 + 90 + 85 + 85 + 70 + 70 + 75 + 95 + 80 + 80 + 75 + 75 + 90 + 80 + 85 + 80 + 80 + 95 + 90 + 85 + 80 + 80 + 85) : 28rata-rata = 2.275 : 28rata-rata = 81,25Jadi rata-rata nilai ulangan bahasa Indonesia siswa kelas VI adalah 81,25Soal 5Nilai ulangan IPA dari 8 anak sebagai berikut 80, 50, 70, 80, 90, 100, 70, 80. Rata-rata nilai mereka adalah ….A. 75,0B. 76,5C. 77,5D. 78,0Jawaban: CPembahasan:rata-rata = (80 + 50 + 70 + 80 + 90 + 100 + 70 + 80) : 8rata-rata = 620 : 8rata-rata = 77,5Jadi rata-rata nilai ulangan IPA 8 anak adalah 77,5Baca Juga : Kumpulan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat (Positif dan Negatif)Soal Menghitung Mean SukarSoal 6Rata-rata nilai ulangan 25 siswa 80. Tiga siswa mengikuti ulangan susulan sehingga rata-rata nilai ulangan menjadi 78,5. Rata-rata nilai ulangan susulan ketiga anak tersebut adalah ….A. 66B. 68C. 76D. 78Jawaban: APembahasan:rata-rata 28 siswa = (nilai 25 siswa + nilai 3 siswa) : 2878,5 = ((25 x 80) + nilai 3 siswa) : 2878,5 = (2.000 + nilai 3 siswa) : 2878,5 x 28 = 2.000 + nilai 3 siswa2.198 = 2.000 + nilai 3 siswanilai 3 siswa = 2.198 – 2.000nilai 3 siswa = 198rata-rata nilai 3 siswa = 198 : 3rata-rata nilai 3 siswa = 66Jadi rata-rata nilai ulangan susulan ketiga siswa adalah 66.Soal 7SD Insan Mulia mempunyai siswa kelas 6 sebanyak 54 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu 6A dan 6B. Rata-rata penilaian harian matematika seluruh siswa kelas 6A yang berjumlah 26 siswa adalah 70,5. Rata-rata kelas 6B 1,3 lebih rendah dari rata-rata kelas 6A. Pada saat penilaian harian tersebut terdapat 3 siswa kelas 6B yang tidak hadir. Setelah mereka mengikuti penilaian susulan rata-rata kelasnya naik menjadi 0,5 lebih baik dari rata-rata kelas 6A. Ketiga siswa tersebut mempunyai nilai yang sama. Nilai salah satu dari ketiga anak tersebut adalah ….A. 83B. 84C. 85D. 86Jawaban: DPembahasan:jumlah siswa kelas 6B = 54 – 26 = 28rata-rata 25 siswa kelas 6B = 70,5 – 1,3 = 69,2rata-rata 28 siswa kelas 6B = 70,5 + 0,5 = 71rata-rata 28 siswa = (nilai 25 siswa + nilai 3 siswa) : 2871 = ((25 x 69,2) + nilai 3 siswa) : 2871 x 28 = 1.730 + nilai 3 siswa1.988 = 1.730 + nilai 3 siswanilai 3 siswa = 1.988 – 1.730nilai 3 siswa = 258Jadi nilai salah satu dari ketiga anak tersebut adalah 258 : 3 = 86Soal 8Nilai rata-rata ulangan 18 anak adalah 80. Setelah nilai Dewi dan Dika ditambahkan rata-rata ulangan menjadi 80,75. Dewi mendapat nilai ulangan 4 lebih unggul dari nilai Dika. Nilai ulangan Dika adalah ….A. 85,0B. 85,5C. 87,5D. 89,5Jawaban: BPembahasan:nilai rata-rata 20 anak = (nilai 18 anak + nilai 2 anak) : 2080,75 = ((18 x 80) + nilai 2 anak) : 2080,75 x 20 = 1.440 + nilai 2 anak1.615 = 1.440 + nilai 2 anaknilai 2 anak = 1.615 – 1.440nilai 2 anak = 175Nilai Dika = (175 : 2) – (4 : 2) = 87,5 – 2 = 85,5Jadi nilai Dika adalah 85,5
Pembahasan:
Jajar genjang memiliki dua pasang sudut sama besar, dua pasang sisi sama panjang, dan tidak memiliki simetri lipat.
Soal 4
Sebuah bangun datar memiliki 4 sisi, dua pasang sisi sejajar dan sama panjang. Sepasang sudut lancip dan sepasang sudut tumpul. Kedua diagonalnya saling berpotongan tegak lurus. Nama bangun datar yang sesuai dengan ciri-ciri tersebut adalah ….
A. persegi
B. jajar genjang
C. layang-layang
D. belah ketupat
Jawaban: D
Pembahasan:
– persegi sudutnya 90 derajat
– jajar genjang diagonalnya tidak berpotongan tegak lurus
– layang-layang dua pasang sisinya tidak sejajar
Soal 5
Berikut adalah sifat-sifat bangun datar:
- sisinya sama panjang
- sudut berhadapan sama panjang
- kedua diagonalnya sama panjang
- sepasang sudut berhadapan sama besar
- dua pasang sisi sama panjang
- diagonalnya saling berpotongan tegak lurus
- mempunyai dua simetri lipat
Sifat-sifat bangun belah ketupat ditunjukkan oleh ….
A. 1, 2, 6, dan 7
B. 2, 5, 6, dan 7
C. 3, 4, 5, dan 7
D. 1, 2, 4, dan 7
Jawaban: A
Pembahasan:
belah ketupat memiliki diagonal yang tidak sama panjang dan memiliki dua pasan sudut berhadapan sama besar.
Demikianlah soal ciri-ciri bangun datar beserta pembahasannya, semoga dapat bermanfaat bagi guru dan peserta didik dalam belajar di kelas dan sekolah.