Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paragraf yang padu disusun dari beberapa kalimat. Sehingga susunan kalimat dalam sebuah paragraf harus tepat. Kemampuan yang baik dalam menyusun kalimat ini menjadi tolok ukur keberhasilan dalam berbahasa. Salah satu bentuk alat evaluasi berupa mengurutkan kalimat. Hal ini menjadi tantangan bagi peserta didik agar mampu mengurutkan kalimat dengan baik.Mengurutkan Kalimat Soal 1 – 5Soal 1(1) Berulang kali suara itu masih saja terdengar.(2) Hari itu aku terbangun oleh adanya suara aneh.(3) Ternyata ada seekor ular yang tidak bisa keluar dari sangkar.(4) Karena penasaran, kuberanikan diri mencari arah suara itu.Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ….A. (2) – (4) – (1) – (3)B. (2) – (3) – (1) – (4)C. (2) – (1) – (3) – (4)D. (2) – (1) – (4) – (3)Kunci jawaban: DSoal 2Cermatilah kalimat acak berikut!(1) Selain lembut, juga tidak pernah menyakiti hati teman.(2) Tidak hanya denganku, dengan orang lain pun pasti mendahulukan menyapa.(3) Temanku sangat ramah dan sopan.(4) Dalam berbicara, suara temanku sangat lembut.(5) Bila bertemu denganku, dia pasti menegurku.Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah ….A. (3) – (4) – (1) – (5) – (2)B. (3) – (5) – (2) – (4) – (1)C. (3) – (5) – (1) – (4) – (2)D. (3) – (1) – (5) – (2) – (4)Kunci jawaban: BSoal 3Perhatikan kalimat acak berikut!(1) Salah satunya adalah Seribu Batu Songgo Langit.(2) Yogyakarta memiliki banyak kawasan hutan pinus.(3) Seribu Batu Songgo Langit memiliki spot foto yang unik dengan nuansa alam.(4) Tempat ini merupakan tempat wisata yang asri dan indah.(5) Spot foto yang ada yakni: rumah seribu kayu, rumah hobbit, dan jembatan panjang.Urutan yang benar agar menjadi paragraf yang padu adalah ….A. (1) – (2) – (3) – (4) – (5)B. (2) – (1) – (4) – (3) – (5)C. (2) – (1) – (3) – (5) – (4)D. (3) – (5) – (4) – (2) – (1)Kunci jawban: BSoal 4Perhatikan kalimat acak berikut ini!(1) Sehari-hari Miftah biasa-biasa saja.(2) Saat mendengar namanya disebut sebagai juara, aku terkejut.(3) Aku tidak pernah menyangka.(4) Ia menjadi juara pertama lomba menulis puisi.Urutan yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ….A. (2) – (4) – (1) – (3)B. (3) – (4) – (1) – (2)C. (1) – (3) – (2) – (4)D. (1) – (2) – (3) – (4)Kunci jawaban: DSoal 5Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!(1) Buku-buku tertata rapi memudahkan para pengunjung untuk memilihnya.(2) Buku fiksi, nonfiksi, sampai ensiklopedia tersaji di rak buku.(3) Setiap hari banyak orang berkunjung ke sana.(4) Koleksi buku di Taman Bacaan Cendekia sangat lengkap.Susunan yang benar agar kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf deskripsi yang padu adalah ….A. (4) – (2) – (3) – (1)B. (4) – (3) – (1) – (2)C. (4) – (2) – (1) – (3)D. (4) – (3) – (2) – (1)Kunci jawaban: CBaca Juga: Kumpulan Soal Membandingkan Teks BacaanMengurutkan Kalimat Soal 6 – 10Soal 6Perhatikan kalimat acak berikut!(1) Ada kolam renang, warung makan, gazebo, dan lainnya.(2) Taman Wisata Puspa Gading terletak di Tegaldowo.(3) Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas.(4) Bahkan beberapa ikon dapat dijadikan tempat berswafoto yang menarik.Urutan kalimat yang tepat agar menjadi kalimat yang padu adalah ….A. (2)-(4)-(3)-(1)B. (2)-(3)-(1)-(4)C. (2)-(1)-(4)-(3)D. (2)-(3)-(4)-(1)Kunci jawaban: BSoal 7Cermatilah kalimat-kalimat acak berikut!(1) Setiap pagi Rina bangun pagi, tak lupa ia membantu orang tua.(2) Menyapu halaman dan mencuci baju.(3) Di sekolah, Rina selalu mengerjakan tugas dengan tertib dan sungguh-sungguh.(4) Setelah itu ia mandi, sarapan pagi, dan bersiap berangkat ke sekolah.Urutan kalimat yang tepat agar menjadi kalimat yang padu adalah ….A. (1)-(2)-(4)-(3)B. (1)-(3)-(2)-(4)C. (2)-(1)-(4)-(3)D. (2)-(3)-(4)-(1)Kunci jawaban: ASoal 8Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!(1) Bu Marni tersenyum melihat kedua anaknya, Doni dan Ina yang sedang bermain di halaman.(2) Dodi merasa takut karena tiba-tiba ibunya datang menghampiri mereka.(3) Tiba-tiba Ina menangis sangat kencang.(4) Dodi mengakui bahwa ia tidak sengaja merusakkan mainan Ina.Urutan yang benar agar kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf padu adalah ….A. (1)-(2)-(3)-(4)B. (1)-(3)-(4)-(2)C. (1)-(3)-(2)-(4)D. (1)-(4)-(3)-(2)Kunci jawaban: CSoal 9Perhatikan kalimat-kalimat berikut!(1) Tanpa kesehatan, manusia pasti akan kesulitan menjalani hari-harinya.(2) Bahkan orang-orang merelakan harta bendanya agar selalu sehat.(3) Kesehatan merupakan hal yang paling berharga di dunia ini.(4) Meskipun kita memiliki harta yang berlimpah, tidak ada gunanya apabila kita sakit.Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ….A. (3)-(1)-(2)-(4)B. (3)-(1)-(4)-(2)C. (1)-(4)-(2)-(3)D. (1)-(2)-(4)-(3)Kunci jawaban: BSoal 10Perhatikan kalimat-kalimat berikut!(1) Sebuah kolam kecil menambah indah suasana.(2) Rumput hijau terhampar luas di halaman.(3) Beberapa ekor ikan koi tampak berenang di kolam.(4) Halaman rumah Mira sangat asri.Urutan kalimat yang benar agar menjadi paragraf yang padu adalah ….A. (4)-(2)-(3)-(1)B. (4)-(2)-(1)-(3)C. (4)-(1)-(2)-(3)D. (4)-(1)-(3)-(2)Kunci jawaban: BSoal 11Perhatikan kalimat-kalimat berikut!(1) Setiap hari ruangannya selalu disapu sehingga tidak tampak adanya sampah.(2) Dinding kantin bercat warna putih dan abu-abu yang menarik.(3) Kantin SD Melati terlihat indah, bersih, rapi, dan asri.(4) Beragam pohon dan aneka bunga ditanam di sekitarnya.(5) Makanannya pun tertata dengan teratur.Susunan yang benar untuk kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf padu adalah ….A. (3) – (1) – (2) – (4) – (5)B. (3) – (1) – (2) – (5) – (4)C. (3) – (2) – (1) – (5) – (4)D. (3) – (2) – (1) – (4) – (5)Kunci jawaban: C

Paragraf yang padu disusun dari beberapa kalimat. Sehingga susunan kalimat dalam sebuah paragraf harus tepat. Kemampuan yang baik dalam menyusun kalimat ini menjadi tolok ukur keberhasilan dalam berbahasa. Salah satu bentuk alat evaluasi berupa mengurutkan kalimat. Hal ini menjadi tantangan bagi peserta didik agar mampu mengurutkan kalimat dengan baik.

Mengurutkan Kalimat Soal 1 – 5

Soal 1

(1) Berulang kali suara itu masih saja terdengar.
(2) Hari itu aku terbangun oleh adanya suara aneh.
(3) Ternyata ada seekor ular yang tidak bisa keluar dari sangkar.
(4) Karena penasaran, kuberanikan diri mencari arah suara itu.

Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ….

A. (2) – (4) – (1) – (3)
B. (2) – (3) – (1) – (4)
C. (2) – (1) – (3) – (4)
D. (2) – (1) – (4) – (3)

Kunci jawaban: D

Soal 2

Cermatilah kalimat acak berikut!

(1) Selain lembut, juga tidak pernah menyakiti hati teman.
(2) Tidak hanya denganku, dengan orang lain pun pasti mendahulukan menyapa.
(3) Temanku sangat ramah dan sopan.
(4) Dalam berbicara, suara temanku sangat lembut.
(5) Bila bertemu denganku, dia pasti menegurku.

Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah ….

A. (3) – (4) – (1) – (5) – (2)
B. (3) – (5) – (2) – (4) – (1)
C. (3) – (5) – (1) – (4) – (2)
D. (3) – (1) – (5) – (2) – (4)

Kunci jawaban: B

Soal 3

Perhatikan kalimat acak berikut!

(1) Salah satunya adalah Seribu Batu Songgo Langit.
(2) Yogyakarta memiliki banyak kawasan hutan pinus.
(3) Seribu Batu Songgo Langit memiliki spot foto yang unik dengan nuansa alam.
(4) Tempat ini merupakan tempat wisata yang asri dan indah.
(5) Spot foto yang ada yakni: rumah seribu kayu, rumah hobbit, dan jembatan panjang.

Urutan yang benar agar menjadi paragraf yang padu adalah ….

A. (1) – (2) – (3) – (4) – (5)
B. (2) – (1) – (4) – (3) – (5)
C. (2) – (1) – (3) – (5) – (4)
D. (3) – (5) – (4) – (2) – (1)

Kunci jawban: B

Soal 4

Perhatikan kalimat acak berikut ini!

(1) Sehari-hari Miftah biasa-biasa saja.
(2) Saat mendengar namanya disebut sebagai juara, aku terkejut.
(3) Aku tidak pernah menyangka.
(4) Ia menjadi juara pertama lomba menulis puisi.

Urutan yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ….

A. (2) – (4) – (1) – (3)
B. (3) – (4) – (1) – (2)
C. (1) – (3) – (2) – (4)
D. (1) – (2) – (3) – (4)

Kunci jawaban: D

Soal 5

Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!

(1) Buku-buku tertata rapi memudahkan para pengunjung untuk memilihnya.
(2) Buku fiksi, nonfiksi, sampai ensiklopedia tersaji di rak buku.
(3) Setiap hari banyak orang berkunjung ke sana.
(4) Koleksi buku di Taman Bacaan Cendekia sangat lengkap.

Susunan yang benar agar kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf deskripsi yang padu adalah ….

A. (4) – (2) – (3) – (1)
B. (4) – (3) – (1) – (2)
C. (4) – (2) – (1) – (3)
D. (4) – (3) – (2) – (1)

Kunci jawaban: C

Baca Juga: Kumpulan Soal Membandingkan Teks Bacaan

Mengurutkan Kalimat Soal 6 – 10

Soal 6

Perhatikan kalimat acak berikut!

(1) Ada kolam renang, warung makan, gazebo, dan lainnya.
(2) Taman Wisata Puspa Gading terletak di Tegaldowo.
(3) Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas.
(4) Bahkan beberapa ikon dapat dijadikan tempat berswafoto yang menarik.

Urutan kalimat yang tepat agar menjadi kalimat yang padu adalah ….

A. (2)-(4)-(3)-(1)
B. (2)-(3)-(1)-(4)
C. (2)-(1)-(4)-(3)
D. (2)-(3)-(4)-(1)

Kunci jawaban: B

Soal 7

Cermatilah kalimat-kalimat acak berikut!

(1) Setiap pagi Rina bangun pagi, tak lupa ia membantu orang tua.
(2) Menyapu halaman dan mencuci baju.
(3) Di sekolah, Rina selalu mengerjakan tugas dengan tertib dan sungguh-sungguh.
(4) Setelah itu ia mandi, sarapan pagi, dan bersiap berangkat ke sekolah.

Urutan kalimat yang tepat agar menjadi kalimat yang padu adalah ….

A. (1)-(2)-(4)-(3)
B. (1)-(3)-(2)-(4)
C. (2)-(1)-(4)-(3)
D. (2)-(3)-(4)-(1)

Kunci jawaban: A

Soal 8

Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!

(1) Bu Marni tersenyum melihat kedua anaknya, Doni dan Ina yang sedang bermain di halaman.
(2) Dodi merasa takut karena tiba-tiba ibunya datang menghampiri mereka.
(3) Tiba-tiba Ina menangis sangat kencang.
(4) Dodi mengakui bahwa ia tidak sengaja merusakkan mainan Ina.

Urutan yang benar agar kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf padu adalah ….

A. (1)-(2)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(4)-(2)
C. (1)-(3)-(2)-(4)
D. (1)-(4)-(3)-(2)

Kunci jawaban: C

Soal 9

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1) Tanpa kesehatan, manusia pasti akan kesulitan menjalani hari-harinya.
(2) Bahkan orang-orang merelakan harta bendanya agar selalu sehat.
(3) Kesehatan merupakan hal yang paling berharga di dunia ini.
(4) Meskipun kita memiliki harta yang berlimpah, tidak ada gunanya apabila kita sakit.

Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ….

A. (3)-(1)-(2)-(4)
B. (3)-(1)-(4)-(2)
C. (1)-(4)-(2)-(3)
D. (1)-(2)-(4)-(3)

Kunci jawaban: B

Soal 10

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1) Sebuah kolam kecil menambah indah suasana.
(2) Rumput hijau terhampar luas di halaman.
(3) Beberapa ekor ikan koi tampak berenang di kolam.
(4) Halaman rumah Mira sangat asri.

Urutan kalimat yang benar agar menjadi paragraf yang padu adalah ….

A. (4)-(2)-(3)-(1)
B. (4)-(2)-(1)-(3)
C. (4)-(1)-(2)-(3)
D. (4)-(1)-(3)-(2)

Kunci jawaban: B

Soal 11

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1) Setiap hari ruangannya selalu disapu sehingga tidak tampak adanya sampah.
(2) Dinding kantin bercat warna putih dan abu-abu yang menarik.
(3) Kantin SD Melati terlihat indah, bersih, rapi, dan asri.
(4) Beragam pohon dan aneka bunga ditanam di sekitarnya.
(5) Makanannya pun tertata dengan teratur.

Susunan yang benar untuk kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf padu adalah ….

A. (3) – (1) – (2) – (4) – (5)
B. (3) – (1) – (2) – (5) – (4)
C. (3) – (2) – (1) – (5) – (4)
D. (3) – (2) – (1) – (4) – (5)

Kunci jawaban: C