Pengembangan soal penjumlahan dan pengurangan dalam soal cerita dapat berupa menyambungkan 2 atau 3 benda yang disambung, biasanya berupa tali atau kayu/bambu. Soal menghitung panjang tali atau kayu ini biasa digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik berkaitan dengan soal cerita.Soal Menghitung Panjang Tali / Kayu yang DisambungkanSoal Menghitung Panjang Tongkat 1Pada upacara kemah pramuka, tiang bendera yang digunakan hasil dari penyambungan tiga tongkat. Panjang ketiga tongkat tersebut adalah 1,62 m, 176 cm, dan 16,3 dm. Ujung tongkat yang tersambung saling berhimpitan sepanjang 26 cm. Tinggi tiang bendera tersebut adalah ….A. 4,58 mB. 4,48 mC. 4,33 mD. 4,23 mJawaban: BPembahasan:Semua tongkat dijumlahkanmdmcm162175163500Hasil penyambungan tongkat sebelum dikurangi bagian yang berhimpitan adalah 5 meter.Bagian yang berhimpitan = 2 x 26 cm = 52 cmPanjang tongkat hasil penyambungan dikurangi bagian yang berhimpitanmdmcm50052448Jadi tinggi tiang bendera tersebut adalah 448 cm atau 4,48 m.Soal Menghitung Panjang Tali 2Adi menyambung tiga tali membentuk lingkaran. Tali tersebut berwarna merah, kuning, dan hijau. Panjang tali merah 4,18 m, dan tali kuning 39,8 dm. Masing-masing ujung tali yang disambung berkurang 12 cm. Keliling lingkaran yang terbentuk 11,18 m. Panjang tali hijau ada ….A. 374 cmB. 362 cmC. 398 cmD. 314 cmJawaban: CPembahasan:Panjang tali merah dan tali kuning digabungkanmdmcm418398816Hasil penyambungan tali merah dan tali kuning adalah 816 cm.Panjang ujung tali yang disambungkan = 6 x 12 cm = 72 cmHasil penyambungan tali merah dan tali kuning dikurangi dengan panjang ujung tali yang disambungkanmdmcm81672744Hasil pengurangan antara tali merah dan tali kuning dengan ujung tali adalah 744 cmKeliling lingkaran yang terbentuk dikurangi dengan hasil tali merah dan tali kuningdammdmcm1118744374Jadi panjang tali hijau adalah 374 cm + (2 x 12 cm) = 398 cm.Baca Juga : Kumpulan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat PositifSoal Menghitung Panjang Bambu 3Soleh membutuhkan bambu sepanjang 17,29 m untuk memetik buah. Ia baru memiliki dua batang bambu. Dua perlima dari bambu pertama berukuran 3,5 m dan bambu kedua berukuran 2 meter lebih pendek dari bambu pertama. Ia membeli sebatang bambu untuk disambung dengan kedua bambu yang telah dimilikinya. Penyambungan bambu dengan cara dihimpitkan ujung-ujungnya sepanjang 28 cm. Panjang bambu yang dibeli Soleh ada ….A. 2,07 mB. 2,35 mC. 2,63 mD. 2,91 mJawaban: BPembahasan:panjang bambu pertama = 5/2 x 3,5 m = 8,75 mpanjang bambu kedua = 8,75 m – 2 m = 6,75 mpanjang bambu pertama dan kedua = 8,75 + 6,75 = 15,5panjang bambu pertama dan kedua dikurangi 2 sambungandammdmcm1550561494Panjang bambu yang dibutuhkan dikurangi panjang bambu pertama dan keduadammdmcm17291494235Jadi panjang bambu yang dibeli Soleh ada 2,35 meter.Soal Menghitung Panjang Kayu 4Pak Prapto menyambung tiga buah kayu yang panjangnya 1,8m, 20 dm, dan 185 cm. Ketiga kayu tersebut disambung dengan menghimpitkan ujung-ujungnya sepanjang 18 cm. Panjang kayu hasil penyambungan adalah … cm.A. 429B. 439C. 529D. 539Jawaban: CPembahasan:panjang tiga buah kayu dijumlahkanmdmcm1820185565panjang tiga buah kayu sebelum dikurangi bagian yang saling berhimpitan adalah 565 cmpanjang kayu yang berhimpit = 2 x 18 cm = 36 cmpanjang tiga buah kayu setelah disambungkanmdmcm56536529jadi panjang kayu hasil penyambungan adalah 529 cm.Soal Menghitung Panjang Tali 5Sandi mempunyai tiga utas tali dengan panjang tali pertama 5,35 meter, tali kedua 75 cm lebih panjang dari tali pertama, dan tali ketiga 24 dm. Sandi menyambung ketiga talinya dengan panjang sambungan 0,5 dm. Panjang tali setelah disambung adalah ….A. 8,5 mB. 13,65 mC. 13,75 mD. 13,85 mJawaban: BPembahasan:ketiga tali dijumlahkandammdmcm5356102401385panjang tali sebelum dikurangi sambunganpanjang sambungan = 4 x 0,5 dm = 2 dmdammdmcm1385201365Jadi panjang tali setelah disambung adalah 1.365 cm atau 13,65 mDemikian kumpulan soal menghitung panjang tali atau kayu, atau bambu yang dapat dijadikan latihan dalam belajar bersama guru baik di kelas maupun dirumah.
Pengembangan soal penjumlahan dan pengurangan dalam soal cerita dapat berupa menyambungkan 2 atau 3 benda yang disambung, biasanya berupa tali atau kayu/bambu. Soal menghitung panjang tali atau kayu ini biasa digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik berkaitan dengan soal cerita.
Soal Menghitung Panjang Tali / Kayu yang Disambungkan
Soal Menghitung Panjang Tongkat 1
Pada upacara kemah pramuka, tiang bendera yang digunakan hasil dari penyambungan tiga tongkat. Panjang ketiga tongkat tersebut adalah 1,62 m, 176 cm, dan 16,3 dm. Ujung tongkat yang tersambung saling berhimpitan sepanjang 26 cm. Tinggi tiang bendera tersebut adalah ….
A. 4,58 m
B. 4,48 m
C. 4,33 m
D. 4,23 m
Jawaban: B
Pembahasan:
Semua tongkat dijumlahkan
m | dm | cm |
1 | 6 | 2 |
1 | 7 | 5 |
1 | 6 | 3 |
5 | 0 | 0 |
Hasil penyambungan tongkat sebelum dikurangi bagian yang berhimpitan adalah 5 meter.
Bagian yang berhimpitan = 2 x 26 cm = 52 cm
Panjang tongkat hasil penyambungan dikurangi bagian yang berhimpitan
m | dm | cm |
5 | 0 | 0 |
5 | 2 | |
4 | 4 | 8 |
Jadi tinggi tiang bendera tersebut adalah 448 cm atau 4,48 m.
Soal Menghitung Panjang Tali 2
Adi menyambung tiga tali membentuk lingkaran. Tali tersebut berwarna merah, kuning, dan hijau. Panjang tali merah 4,18 m, dan tali kuning 39,8 dm. Masing-masing ujung tali yang disambung berkurang 12 cm. Keliling lingkaran yang terbentuk 11,18 m. Panjang tali hijau ada ….
A. 374 cm
B. 362 cm
C. 398 cm
D. 314 cm
Jawaban: C
Pembahasan:
Panjang tali merah dan tali kuning digabungkan
m | dm | cm |
4 | 1 | 8 |
3 | 9 | 8 |
8 | 1 | 6 |
Hasil penyambungan tali merah dan tali kuning adalah 816 cm.
Panjang ujung tali yang disambungkan = 6 x 12 cm = 72 cm
Hasil penyambungan tali merah dan tali kuning dikurangi dengan panjang ujung tali yang disambungkan
m | dm | cm |
8 | 1 | 6 |
7 | 2 | |
7 | 4 | 4 |
Hasil pengurangan antara tali merah dan tali kuning dengan ujung tali adalah 744 cm
Keliling lingkaran yang terbentuk dikurangi dengan hasil tali merah dan tali kuning
dam | m | dm | cm |
1 | 1 | 1 | 8 |
7 | 4 | 4 | |
3 | 7 | 4 |
Jadi panjang tali hijau adalah 374 cm + (2 x 12 cm) = 398 cm.
Baca Juga : Kumpulan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Positif
Soal Menghitung Panjang Bambu 3
Soleh membutuhkan bambu sepanjang 17,29 m untuk memetik buah. Ia baru memiliki dua batang bambu. Dua perlima dari bambu pertama berukuran 3,5 m dan bambu kedua berukuran 2 meter lebih pendek dari bambu pertama. Ia membeli sebatang bambu untuk disambung dengan kedua bambu yang telah dimilikinya. Penyambungan bambu dengan cara dihimpitkan ujung-ujungnya sepanjang 28 cm. Panjang bambu yang dibeli Soleh ada ….
A. 2,07 m
B. 2,35 m
C. 2,63 m
D. 2,91 m
Jawaban: B
Pembahasan:
panjang bambu pertama = 5/2 x 3,5 m = 8,75 m
- Soal menentukan modus digunakan untuk mencari data yang paling sering muncul dari kumpulan data-data. Data umumnya berupa berat badan, tinggi badan, jumlah siswa, atau benda-benda disekitar.Soal Menentukan ModusSoal 1Data berat badan siswa kelas 5 adalah sebagai berikut:30, 35, 40, 35, 30, 40, 45, 35, 35, 30, 40, 30, 45, 30, 40, 30, 45, 40, 35, 45, 40, 35, 30, dan 45.Modus data tersebut adalah ….A. 30B. 35C. 40D. 45Jawaban: APembahasan:30 muncul 7 kali35 muncul 6 kali40 muncul 6 kali45 muncul 5 kaliJadi modus data tersebut adalah 30 dengan kemunculan sebanyak 7 kali.Soal 2Berikut data nilai tengah semester mata pelajaran IPS73, 83, 93, 76, 83, 83, 86, 96, 76, 76, 86, 96, 76, 86, 96, 83, 93, 73, 73, 93, 83, 96, 86, 73, 86, 73, 83, 96Modus data tersebut adalah ….A. 73B. 83C. 86D. 96Jawaban: BPembahasan:73 muncul 5 kali83 muncul 6 kali86 muncul 5 kali96 muncul 5 kaliJadi modus data tersebut adalah 83 dengan kemunculan sebanyak 6 kali.Soal 3Toko bibit tanaman Mekar pada akhir bulan November mempunyai persediaan antara lain mangga 86 pohon, jeruk 120 pohon, pepaya 154 pohon, rambutan 102 pohon, dan jambu 145 pohon. Penjualan selama bulan Desember membuat persediaan secara keseluruhan ada 293 pohon. Rincian persediaan bibit pada akhir Desember yaitu mangga 30 pohon, pepaya 82 pohon, rambutan 60 pohon, jambu 85 pohon, dan selebihnya bibit pohon jeruk. Modus penjualan pada bulan Desember adalah ….A. jerukB. jambuC. pepayaD. rambutanJawaban: APembahasan:Penjualan selama bulan Desembermangga = 86 – 30 = 56jeruk = 120 – (293 – 30 – 82 – 60 – 85) = 120 – 36 = 84pepaya = 154 – 82 = 72rambutan = 102 – 60 = 42jambu = 145 – 85 = 60Jadi modus penjualan/penjualan terbanyak pada bibit jeruk dengan penjualan sebanyak 84 bibitBaca Juga : Kumpulan Soal Menghitung Rata-Rata (Mean)Soal 4Taman Nasional Gunung Merapi melakukan reboisasi. Sebanyak 3.000 bibit dari berbagai jenis pohon ditanam. Sebanyak 654 bibit pohon sengon, 457 bibit pohon akasia, 568 bibit pohon trembesi, 688 bibit pohon gayam, dan sisanya bibit pohon mahoni. Modus dari jenis pohon yang ditanam adalah ….A. pohon trembesiB. pohon sengonC. pohon gayamD. pohon mahoniJawaban: CPembahasan:pohon trembesi 568 bibitpohon sengon 654 bibitpohon gayam 688 bibitpohon mahoni = 3.000 -654 – 457 – 568 – 688 = 633 bibitJadi modus dari jenis pohon yang ditanam adalah pohon gayam sebanyak 688 bibit.Soal 5Tabel berikut adalah data banyaknya pengunjung perpustakaan selama 5 hari.NoPengunjungSeninSelasaRabuKamisJumat1Kelas 110111217182Kelas 211101719163Kelas 315121310154Kelas 41691415145Kelas 512131615186Kelas 61810151513Modus pengunjung perpustakaan adalah ….A. kelas 2B. kelas 3C. kelas 4D. kelas 5Jawaban: DPembahasan:kelas 2 = 11 + 10 + 17 + 19 + 16 = 73kelas 3 = 15 + 12 + 13 + 10 + 15 = 65kelas 4 = 16 + 9 + 14 + 15 + 14 = 68kelas 5 = 12 + 13 + 16 + 15 + 18 = 74Jadi modus pengunjung perpustakaan adalah kelas 5.
- Soal menghitung rata-rata atau biasa disebut mean digunakan untuk menghitung rata-rata beberapa data dengan cara menjumlahkan data tersebut kemudian dibagi dengan banyaknya data. Soal menghitung rata-rata ini secara umum bisa dikembangkan menjadi soal mudah dan soal sukar.Soal Menghitung Rata-Rata (Mean)Bentuk soal untuk menghitung rata-rata dikelompokkan menjadi dua yaitu soal mudah dan soal sukar. Pada nomor awal akan ditampilkan bentuk-bentuk soal yang mudah, kemudian pada bagian bawah akan ditampilkan pengembangan yang lebih rumit dan sukar.Soal Menghitung Mean MudahSoal 1Data nilai ulangan harian Susi sebagai berikut:85, 85, 90, 85, 85, 75, 90, dan 95.Rata-rata nilai ulangan tersebut adalah ….A. 83,75B. 85,00C. 86,20D. 86,25Jawaban: DPembahasan:rata-rata = ( 85 + 85 + 90 + 85 + 85 + 75 + 90 + 95) : 8rata-rata = 690 : 8rata-rata = 86,25Jadi rata-rata nilai ulangan harian Susi adalah 86,25Soal 2Nilai ulangan Matematika SD Janaka sebagai berikut:78, 94, 84, 88, 86, 92, 84, 92, 86, 92, 86, 84, 94, 86, 78, dan 92.Rata-rata nilai ulangan Matematika SD Janaka adalah ….A. 87,00B. 87,13C. 87,25D. 87,38Jawaban: CPembahasan:rata-rata = (78 + 94 + 84 + 88 + 86 + 92 + 84 + 92 + 86 + 92 + 86 + 84 + 94 + 86 + 78 + 92) : 16rata-rata = 1.396 : 16rata-rata = 87,25Jadi rata-rata nilai ulangan matematika SD Janaka adalah 87,25Soal 3Berikut data berat buah mangga setiap karung (dalam kg).95, 102, 98, 97, 89, 112, 115, 96, 105, 108, 83, 90, 104, 86, 95, 113Rata-rata berat mangga setiap karung adalah … kg.A. 96,75B. 97,12C. 99,25D. 99,40Jawaban: CPembahasan:rata-rata = (95 + 102 + 98 + 97 + 89 + 112 + 115 + 96 + 105 + 108 + 83 + 90 + 104 + 86 + 95 + 113) : 16rata-rata = 1.588 : 16rata-rata = 99,25Jadi rata-rata berat mangga setiap karung adalah 99,25 kg.Soal 4Hasil ulangan bahasa Indonesia siswa kelas VI sebagai berikut:75, 80, 80, 85, 70, 75, 90, 85, 85, 70, 70, 75, 95, 80, 80, 75, 75, 90, 80, 85, 80, 80, 95, 90, 85, 80, 80, dan 85.Rata-rata nilai ulangan bahasa Indonesia siswa kelas VI adalah ….A. 78,57B. 80,25C. 81,07D. 81,25Jawaban: DPembahasan:rata-rata = (75 + 80 + 80 + 85 + 70 + 75 + 90 + 85 + 85 + 70 + 70 + 75 + 95 + 80 + 80 + 75 + 75 + 90 + 80 + 85 + 80 + 80 + 95 + 90 + 85 + 80 + 80 + 85) : 28rata-rata = 2.275 : 28rata-rata = 81,25Jadi rata-rata nilai ulangan bahasa Indonesia siswa kelas VI adalah 81,25Soal 5Nilai ulangan IPA dari 8 anak sebagai berikut 80, 50, 70, 80, 90, 100, 70, 80. Rata-rata nilai mereka adalah ….A. 75,0B. 76,5C. 77,5D. 78,0Jawaban: CPembahasan:rata-rata = (80 + 50 + 70 + 80 + 90 + 100 + 70 + 80) : 8rata-rata = 620 : 8rata-rata = 77,5Jadi rata-rata nilai ulangan IPA 8 anak adalah 77,5Baca Juga : Kumpulan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat (Positif dan Negatif)Soal Menghitung Mean SukarSoal 6Rata-rata nilai ulangan 25 siswa 80. Tiga siswa mengikuti ulangan susulan sehingga rata-rata nilai ulangan menjadi 78,5. Rata-rata nilai ulangan susulan ketiga anak tersebut adalah ….A. 66B. 68C. 76D. 78Jawaban: APembahasan:rata-rata 28 siswa = (nilai 25 siswa + nilai 3 siswa) : 2878,5 = ((25 x 80) + nilai 3 siswa) : 2878,5 = (2.000 + nilai 3 siswa) : 2878,5 x 28 = 2.000 + nilai 3 siswa2.198 = 2.000 + nilai 3 siswanilai 3 siswa = 2.198 – 2.000nilai 3 siswa = 198rata-rata nilai 3 siswa = 198 : 3rata-rata nilai 3 siswa = 66Jadi rata-rata nilai ulangan susulan ketiga siswa adalah 66.Soal 7SD Insan Mulia mempunyai siswa kelas 6 sebanyak 54 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu 6A dan 6B. Rata-rata penilaian harian matematika seluruh siswa kelas 6A yang berjumlah 26 siswa adalah 70,5. Rata-rata kelas 6B 1,3 lebih rendah dari rata-rata kelas 6A. Pada saat penilaian harian tersebut terdapat 3 siswa kelas 6B yang tidak hadir. Setelah mereka mengikuti penilaian susulan rata-rata kelasnya naik menjadi 0,5 lebih baik dari rata-rata kelas 6A. Ketiga siswa tersebut mempunyai nilai yang sama. Nilai salah satu dari ketiga anak tersebut adalah ….A. 83B. 84C. 85D. 86Jawaban: DPembahasan:jumlah siswa kelas 6B = 54 – 26 = 28rata-rata 25 siswa kelas 6B = 70,5 – 1,3 = 69,2rata-rata 28 siswa kelas 6B = 70,5 + 0,5 = 71rata-rata 28 siswa = (nilai 25 siswa + nilai 3 siswa) : 2871 = ((25 x 69,2) + nilai 3 siswa) : 2871 x 28 = 1.730 + nilai 3 siswa1.988 = 1.730 + nilai 3 siswanilai 3 siswa = 1.988 – 1.730nilai 3 siswa = 258Jadi nilai salah satu dari ketiga anak tersebut adalah 258 : 3 = 86Soal 8Nilai rata-rata ulangan 18 anak adalah 80. Setelah nilai Dewi dan Dika ditambahkan rata-rata ulangan menjadi 80,75. Dewi mendapat nilai ulangan 4 lebih unggul dari nilai Dika. Nilai ulangan Dika adalah ….A. 85,0B. 85,5C. 87,5D. 89,5Jawaban: BPembahasan:nilai rata-rata 20 anak = (nilai 18 anak + nilai 2 anak) : 2080,75 = ((18 x 80) + nilai 2 anak) : 2080,75 x 20 = 1.440 + nilai 2 anak1.615 = 1.440 + nilai 2 anaknilai 2 anak = 1.615 – 1.440nilai 2 anak = 175Nilai Dika = (175 : 2) – (4 : 2) = 87,5 – 2 = 85,5Jadi nilai Dika adalah 85,5
- Soal cerita penyajian data pada umumnya dalam bentuk diagram batang dan diagram lingkaran. Dalam mengerjakan soal ini, peserta didik harus jeli dalam melihat setiap data yang disajikan disandingkan dengan diagramnya.Pada halaman ini akan ditampilkan 2 jenis soal, yang pertama soal cerita penyajian data dalam bentuk diagram batang. Kemudian pada bagian kedua soal penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran.Soal Cerita Diagram Batang dan Diagram Lingkaran1. Soal Diagram BatangSoal 1Perhatikan data hasil panen kebun buah berikut ini!Tabel yang tepat untuk menyajikan data pada diagram tersebut adalah ….A.Jenis BuahMinggu IMinggu IIMinggu IIIMinggu IVMinggu VMinggu VIJambu (kg)180200220240320280Jeruk (kg)140180200320420380B.Jenis BuahMinggu IMinggu IIMinggu IIIMinggu IVMinggu VMinggu VIJambu (kg)180200220320320280Jeruk (kg)140180200240420380C.Jenis BuahMinggu IMinggu IIMinggu IIIMinggu IVMinggu VMinggu VIJambu (kg)180200240320320280Jeruk (kg)140180200240420380D.Jenis BuahMinggu IMinggu IIMinggu IIIMinggu IVMinggu VMinggu VIJambu (kg)180200240320420280Jeruk (kg)140180200240320380Jawaban: BPembahasan:Peserta didik hanya perlu jeli menyandingkan diagram batang dengan setiap data pada pilihan ganda. Untuk memudahkan dalam mengerjakan, peserta didik sebaiknya menuliskan data pada diagram agar dapat menjadi pedoman dalam memilih jawaban.Soal 2Perhatikan diagram nilai ulangan matematika berikut!Banyak siswa yang memperoleh nilai lebih dari rata-rata ada ….A. 16B. 15C. 10D. 9Jawaban: CPembahasan:rata-rata nilai = ((65 x 1) + ( 70 x 3) + (75 x 5) + (80 x 6) + (85 x 5) + (90 x 3) + (100 x 2)) : 25rata-rata nilai = (65 + 210 + 375 + 480 + 425 + 270 + 200) : 25rata-rata nilai = 2.025 : 25rata-rata nilai = 81banyak siswa yang nilainya lebih dari 81 ada 10 siswa.Soal 3Perhatikan diagram batang hasil panen Desa Makmur berikut!Berdasarkan diagram tersebut, pernyataan yang sesuai adalah …A. Jumlah panen terbanyak terjadi pada tahun 2017.B. Rata-rata panen jagung setiap tahun adalah 287,5 ton.C. Selisih hasil panen tahun 2016 dan 2019 adalah 100 ton.D. Tidak pernah terjadi penurunan hasil panen dari tahun ke tahun.Jawaban: BPembahasan:panen 2016 = 550 ton, 2017 = 650 ton, 2018 = 700 ton, 2019 = 650 ton– panen terbanyak terjadi pada tahun 2018– rata-rata panen jagung = (350 + 150 + 400 + 250) / 4 = 1150/4 = 287,5 ton– selisih panen 2016 dan 2019 adalah 0 ton atau hasil panennya sama tidak ada selisih– terjadi penurunan hasil panen yaitu tahun 2019Soal 4Perhatikan diagram nilai ulangan kelas VI SD Unggul berikut!Berdasarkan diagram tersebut, banyak siswa kelas VI yang mendapat nilai di bawah rata-rata adalah ….A. 7B. 8C. 10D.15Jawaban: DPembahasan:rata-rata nilai = ((66 x 3) + (70 x 4) + (78 x 8) + (82 x 6) + (89 x 4)) : 25rata-rata nilai = (198 + 280 + 624 + 496 + 356) : 25rata-rata nilai = 1.954 : 25rata-rata nilai = 78,16banyak siswa yang nilainya dibawah rata-rata = 3 + 4 + 8 = 15Soal 5Perhatikan diagram batang nilai ulangan siswa berikut!Siswa yang mendapat nilai diatas atau sama dengan rata-rata mengikuti pengayaan. Banyak siswa laki-laki yang mengikuti pengayaan adalah ….A. 6 anakB. 7 anakC. 12 anakD. 13 anakJawaban: BPembahasan:rata-rata nilai = ((70 x 2) + (75 x 4) + (80 x 6) + (85 x 6) + (90 x 4) + (95 x 3)) : 25rata-rata nilai = (140 + 300 + 480 + 510 + 360 + 285) : 25rata-rata nilai = 2.075 : 25rata-rata nilai = 83Banyak siswa laki-laki yang nilainya diatas atau sama dengan 83 = 4 + 2 + 1 = 7Baca Juga : Kumpulan Soal Perbandingan dan Pembahasannya2. Soal Diagram LingkaranSoal 1Perhatikan gambar berikut!Diagram tersebut menunjukkan jenis buku di perpustakaan Sari Ilmu. Banyak buku cerita anak 108 eksemplar. Jumlah buku cerita rakyat dan sains ada ….A. 192 eksemplarB. 384 eksemplarC. 476 eksemplarD. 576 eksemplarJawaban: DPembahasan:jumlah buku cerita rakyat dan sains = (32% + 16%) / 9% x 108= 48% / 9% x 108= 576Jadi jumlah buku cerita rakyat dan sains ada 576 eksemplarSoal 2Perhatikan diagram hasil panen ikan Mina Jaya berikut!Jika hasil panen ikan mujair adalah 30 kg, maka pernyataan yang sesuai dengan diagram tersebut adalah ….A. Jumlah hasil panen ikan patin dan gurami ada 110 kgB. Banyaknya hasil panen ikan nila ada 50 kgC. Selisih hasil panen ikan nila dan pantin ada 20 kgD. Modus dari diagram hasil panen ikan tersebut adalah leleJawaban: CPembahasan:– jumlah hasil panen ikan patin dan gurami adalah (30% + 10%) / 15% x 30 kg = 80 kg– banyaknya hasil panen ikan nila adalah 20% / 15% x 30 kg = 40 kg– selisih hasil panen ikan nila dan patin adalah (30% – 20%) / 15% x 30 kg = 20 kg– modus diagram hasil panen ikan tersebut adalah patinSoal 3Perhatikan diagram hasil panen ikan berikut!Hasil panen ikan nila 18 kg lebih banyak dari ikan gurami. Jumlah hasil panen ikan lele dan bawal adalah ….A. 36 kgB. 90 kgC. 126 kgD. 162 kgJawaban: DPembahasan:persentase nila – gurami = 25% – 20% = 5%persentase lele + bawal = 35% + 10% = 45%Jumlah panen ikan lele dan bawal = 45% : 5% x 18 kg = 162 kgDemikian kumpulan soal cerita diagram batang dan diagram lingkaran beserta jawaban dan pembahasannya. Semoga kumpulan soal ini dapat menjadi referensi dalam belajar guru dan peserta didik baik di rumah dan sekolah.Soal 4Perhatikan diagram berikut!Diagram tersebut menunjukkan olahraga yang digemari siswa SD Maju. Jumlah siswa yang gemar voli dan renang 76 anak. Siswa yang gemar atletik dan tenis ada ….A. 18 anakB. 30 anakC. 60 anakD. 68 anakJawaban: CPembahasan:persentase siswa yang gemar voli dan renang = 25% + 13% = 38%persentase siswa yang gemar atletik dan tenis = 12% + 18% = 30%siswa yang gemar atletik dan tenis = 30% : 38% x 76 anak = 60 anakSoal 5Perhatikan diagram lingkaran berikut!Diagram tersebut menunjukkan penjualan alat tulis koperasi sekolah. Penjualan rautan 154 buah kurang dari bolpoin. Selisih penjualan pensil dengan buku tulis adalah ….A. 56 buahB. 66 buahC. 119 buahD. 175 buahJawaban: APembahasan:persentase selisih bolpoin dan rautan = 33% – 11% = 22%persentase selisih pensil dan buku tulis = 25% – 17% = 8%Selisih penjualan pensil dan buku tulis = 8% : 22% x 154 buah = 56 buah
panjang bambu kedua = 8,75 m – 2 m = 6,75 m
panjang bambu pertama dan kedua = 8,75 + 6,75 = 15,5
panjang bambu pertama dan kedua dikurangi 2 sambungan
dam | m | dm | cm |
1 | 5 | 5 | 0 |
5 | 6 | ||
1 | 4 | 9 | 4 |
Panjang bambu yang dibutuhkan dikurangi panjang bambu pertama dan kedua
dam | m | dm | cm |
1 | 7 | 2 | 9 |
1 | 4 | 9 | 4 |
2 | 3 | 5 |
Jadi panjang bambu yang dibeli Soleh ada 2,35 meter.
Soal Menghitung Panjang Kayu 4
Pak Prapto menyambung tiga buah kayu yang panjangnya 1,8m, 20 dm, dan 185 cm. Ketiga kayu tersebut disambung dengan menghimpitkan ujung-ujungnya sepanjang 18 cm. Panjang kayu hasil penyambungan adalah … cm.
A. 429
B. 439
C. 529
D. 539
Jawaban: C
Pembahasan:
panjang tiga buah kayu dijumlahkan
m | dm | cm |
1 | 8 | |
2 | 0 | |
1 | 8 | 5 |
5 | 6 | 5 |
panjang tiga buah kayu sebelum dikurangi bagian yang saling berhimpitan adalah 565 cm
panjang kayu yang berhimpit = 2 x 18 cm = 36 cm
panjang tiga buah kayu setelah disambungkan
m | dm | cm |
5 | 6 | 5 |
3 | 6 | |
5 | 2 | 9 |
jadi panjang kayu hasil penyambungan adalah 529 cm.
Soal Menghitung Panjang Tali 5
Sandi mempunyai tiga utas tali dengan panjang tali pertama 5,35 meter, tali kedua 75 cm lebih panjang dari tali pertama, dan tali ketiga 24 dm. Sandi menyambung ketiga talinya dengan panjang sambungan 0,5 dm. Panjang tali setelah disambung adalah ….
A. 8,5 m
B. 13,65 m
C. 13,75 m
D. 13,85 m
Jawaban: B
Pembahasan:
ketiga tali dijumlahkan
dam | m | dm | cm |
5 | 3 | 5 | |
6 | 1 | 0 | |
2 | 4 | 0 | |
1 | 3 | 8 | 5 |
panjang tali sebelum dikurangi sambungan
panjang sambungan = 4 x 0,5 dm = 2 dm
dam | m | dm | cm |
1 | 3 | 8 | 5 |
2 | 0 | ||
1 | 3 | 6 | 5 |
Jadi panjang tali setelah disambung adalah 1.365 cm atau 13,65 m
Demikian kumpulan soal menghitung panjang tali atau kayu, atau bambu yang dapat dijadikan latihan dalam belajar bersama guru baik di kelas maupun dirumah.