Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Berikut ini adalah contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kurikulum 2013 (dalam kurikulum KTSP disebut dengan Ulangan Tengah Semester/UTS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal/ Ganjil) SMP/MTs. Soal ini bisa dipakai untuk latihan mengerjakan soal dalamrangka menghadapi ujian PTS/PTS.



Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut, kemudian kerjakan soal nomor 1-4!


TARI GAMBYONG
1)    Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada  penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala.  Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga  harus terampil. Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong.
2)    Gerak srisig adalah gerak dengan sikap  berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke  samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser adalah gerak kaki ke  samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku) dan gerak di tempat (sekaran mandheg).
3)    Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga  menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.


1.     Berdasarkan teks di atas objek/hal yang dideskripsikan adalah …
A.    koreografi tari Gambyong                    
B.    gerak srisig                                         
C.  Tari Gambyong
D.  gerak embat
2.     Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan teks deskripsi di atas adalah ….
A.   menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada gerak kaki.
B.    menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada tubuh.
C.    menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada lengan dan kepala.
D.    menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada jari tangan.
3.     Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks deskripsi tersebut adalah …
A.      Kengser adalah dengan sikap  berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil.
B.      Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke  samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri.
C.      Tari Gambyong adalah tarian untuk mengawali suatu resepsi perkawinan.
D.      Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu.
4.    Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks deskripsi di atas adalah ….
A.    1-3-2                                                              
B.    3-1-2                                                     
C.  2-3-1
D.  3-2-1
5.    Di bawah ini  merupakan pengertian teks deskripsi adalah …
A.   Kesan mengenai apa yang diamati dan kesan yang didapat melalui pancaindra sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sebuah objek secara keseluruhan seperti yang dialami penulisnya.
B. Kegiatan mengamati keadaan sekitar agar pembaca merasakan apa yang dirasakan penulisnya.
C.    Hasil pengamatan keadaan, objek, atau peristiwa dengan penyampaian sederhana.
D.    Laporan ilmiah berdasarkan data yang diamati.

6.     Perhatikan ciri-ciri teks di bawah ini!
(1)    Menggambarkan atau melukiskan suatu benda, tempat, atau suasana tertentu.
(2)    Tidak menimbulkan salah pengertian.
(3)  Bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan
(4)    Menarik untuk dibaca
(5)  Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.
Berdasarkan ciri-ciri tersebut, yang termasuk ciri teks deskripsi adalah ….
A.      (1), (2), dan (3)                                                                           
B.      (2), (3), dan (4)                                                                           
C.    (1), (3), dan (5)
D.    (2) dan (4)