Soal UAS IPA Semester 1 (Ganjil) Kelas 4 SD/MI
Anda mungkin menyukai postingan ini :
- Cakupan pembahasan dan soal magnet mencakup pada cara pembuatan magnet serta sifat-sifatnya. Cara pembuatan magnet mencakup induksi, elektromagnet, dan digosok. Sedangkan sifat-sifat magnet diantaranya mempunyai dua kutub, menarik benda-benda tertentu, gaya magnet dapat menembus benda tipis, kekuatan magnet ada dikutubnya, jika kutub senama didekatkan akan tolak menolak dan jika kutub tidak senama didekatkan akan tarik menarik.Soal MagnetSoal 1Perhatikan gambar berikut!Sifat magnet berdasarkan percobaan seperti gambar adalah ….A. kutub tidak senama saling tarik menarikB. garis gaya magnet terletak di sekitar magnetC. gaya magnet paling kuat pada kutub-kutubnyaD. gaya magnet dapat menembus benda tipisJawaban: DPembahasan:Paku yang ada di atas papan dapat bergeser tanpa disentuh jika dibawah papan terdapat magnet yang digerak-gerakkan. Hal ini menunjukkan bahwa gaya magnet dapat menembus papan (benda tipis).Soal 2Perhatikan gambar berikut!Sifat magnet yang sesuai gambar adalah ….A. magnet memiliki dua kutubB. magnet mempunyai medan magnetC. kekuatan magnet terkuat di kutubnyaD. gaya magnet menembus benda tertentuJawaban: BPembahasan:Garis-garis lengkung dari kutub utara menuju kutub selatan magnet merupakan medan magnet yang tidak dapat dilihat secara langsung. Meskipun tidak dapat dilihat tetapi dapat dibuktikan dengan percobaan pasir besi yang diletakkan diatas papan kemudian magnet diletakkan di tengah-tengah papan.Baca Juga : 3 Cara Membuat MagnetSoal Magnet 3Perhatikan gambar berikut!Sifat magnet yang sesuai dengan gambar adalah ….A. kutub tidak senama tarik menarikB. kekuatan terbesar berada pada tengah magnetC. daerah sekitar magnet dipengaruhi oleh gaya magnetD. magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logamJawaban: CPembahasan:Pasir besi yang sangat lembut disebar di sekitar magnet akan membentuk pola sesuai dengan medan magnet. Hal ini menunjukkan bahwa magnet memiliki medan magnet yang keluar dari kutub utara menuju kutub selatan melalui daerah di sekitar magnet.Soal 4Perhatikan gambar berikut!Jika pembuatan magnet seperti pada gambar, maka yang akan terjadi adalah ….A. Bagian B menjadi kutub utara dan bagian A menjadi kutub selatanB. Bagian B menjadi kutub utara dan bagian A menjadi kutub utaraC. Bagian B menjadi kutub selatan dan bagian A menjadi kutub utaraD. bagian B menjadi kutub selatan dan bagian A menjadi kutub selatanJawaban: APembahasan:Pembuatan magnet dengan cara induksi menjadikan kutub yang berdekatan menjadi kebalikannya. Bagian magnet yang berdekatan dengan besi merupakan kutub selatan, maka bagian besi yang dekat menjadi kutub utara, dan yang jauh menjadi kutub selatan.Soal 5Perhatikan gambar berikut!Sifat magnet yang tepat sesuai gambar adalah ….A. gaya tarik paling kuat pada kutubnyaB. kutub senama tarik-menarikC. kutub senama tolak menolakD. membentuk medan magnetJawaban: CPembahasan:Gambar pertama menunjukkan kutub senama tolak menolak, sedangkan gambar kedua menunjukkan kutub tidak senama saling tarik menarik.
- Pengembangan soal pengaruh gaya terhadap benda dapat dikembangkan dari beberap hal berikut:Gaya Dapat Mengubah Bentuk BendaGaya Dapat Membuat Benda Diam Menjadi BergerakGaya Dapat Mengubah Kecepatan BendaGaya Dapat Mengubah Arah Gerak BendaGaya Dapat Membuat Benda Bergerak Menjadi DiamMateri Selengkapnya : Pengaruh Gaya Terhadap BendaSoal Pengaruh Gaya Terhadap BendaSoal 1Edo bermain bola kasti bersama temannya. Ia berhasil memukul bola kasti yang dilemparkan lawannya.Pengaruh gaya terhadap benda pada kegiatan tersebut adalah ….A. membuat benda diam menjadi bergerakB. membuat benda bergerak menjadi diamC. mengubah arah gerak bendaD. mengubah volume bendaJawaban: CPembahasan:Bola yang dilempar teman Edo kemudian dipukul ke arah yang berbeda menunjukkan bahwa gaya yang diberikan Edo dapat mengubah arah gerak benda (bola kasti).Soal 2Perhatikan gambar berikut!Gaya yang diperlukan untuk kegiatan seperti gambar adalah ….A. gaya otot dan gaya gesekB. gaya pegas dan gaya ototC. gaya magnet dan gaya pegasD. gaya pegas dan gaya gravitasiJawaban: APembahasan:Ketika mengayuh sepeda maka gaya yang digunakan adalah gaya otot, supaya sepeda dapat melaju maka harus ada gaya gesek antara roda dan tanah yang dilewati.Soal 3Perhatikan gambar berikut!Peseda melakukan pengereman roda depan secara mendadak. Pengaruh gaya terhadap benda pada kegiatan tersebut adalah …A. mengubah bentuk bendaB. mengubah arah gerak bendaC. mengubah benda bergerak menjadi diamD. mengubah benda diam menjadi bergerakJawaban: CPembahasan:Proses pengereman mendadak seperti pada gambar membuat sepeda yang semula melaju dapat terhenti, hal ini menunjukkan bahwa gaya dapat mengubah benda bergerak menjadi diam.Soal Pengaruh Gaya 4Proses pembuatan gerabah dari tanah liat menunjukkan pengaruh gaya dapat mengubah ….A. wujud bendaB. bentuk bendaC. volume bendaD. arah gerak bendaJawaban: BPembahasan:Pembuatan gerabah menunjukkan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda dari semula tanah liat yang tidak berbentuk menjadi adonan tanah liat yang berbentuk (gerabah).Soal 5Perhatikan gambar berikut!Peristiwa seperti gambar menunjukkan gaya dapat mengubah ….A. bentuk bendaB. arah gerak bendaC. kecepatan gerak bendaD. benda bergerak menjadi diamJawaban: APembahasan:Pengolahan kayu menjadi perabot yang dilakukan oleh tukang kayu menunjukkan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda.Soal Pengaruh Gaya 6Bayu melakukan percobaan menjatuhkan dua kertas dengan ukuran, jenis, dan dari ketinggian yang sama. Hasil percobaan sebagai berikut:No.Kondisi KertasWaktu Sampai ke Tanah1.lembaran5 detik2.gumpalan2 detikHubungan antara gaya dan gerak berdasarkan percobaan tersebut adalah ….A. kecilnya gaya gesek pada kertas yang permukaannya luas menyebabkan kertas jatuh lebih cepatB. besarnya gaya gesek pada kertas yang permukaannya sempit menyebabkan kertas jatuh lebih lambatC. semakin sempit permukaan kertas maka waktu yang dibutuhkan semakin cepatD. semakin luas permukaan kertas maka waktu yang dibutuhkan semakin cepatJawaban: CPembahasan:Semakin sempit permukaan kertas yang bergesekan dengan udara ketika dijatuhkan maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tanah semakin cepat. Sebaliknya, semakin lebar/besar permukaan kertas yang bergesekan dengan udara ketika dijatuhkan maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tanah semakin lambat.
- Soal pengembangan sifat – sifat cahaya mencakup beberapa 5 (lima) sifat. Sifat-sifat tersebut diantaranya cahaya dapat dipantulkan, cahaya dapat dibiaskan, cahaya dapat diuraikan, cahaya merambat lurus, cahaya menembus benda bening.Soal Sifat – Sifat CahayaBanyak peristiwa disekitar kita yang dapat menjelaskan sifat – sifat cahaya, beberapa contohnya akan dituliskan dalam soal-soal berikut:Soal 1Perhatikan gambar berikut!Sifat cahaya yang ditunjukkan pada gambar tersebut adalah ….A. menembus benda beningB. dapat dipantulkanC. dapat dibiaskanD. merambat lurusJawaban: DPembahasan:Bayangan pohon terbentuk karena cahaya merambat lurus dan mengenai pohon. Bagian yang tidak terkena cahaya matahari menjadi bayangan.Soal 2Ketika siang hari pintu dan jendela ruang kelas dibuka sehingga ruangan menjadi terang meskipun tidak mendapat sinar matahari secara langsung. Hal ini menunjukkan sifat cahaya yang ….A. menembus benda beningB. merambat lurusC. dipantulkanD. dibiaskanJawaban: CPembahasan:Cahaya matahari dapat sampai ke dalam ruangan dengan cara memantul secara baur terhadap benda-benda yang ada disekitarnya, hal ini membuat ruangan kelas yang tidak mendapat sinar matahari langsung dapat menjadi terang.Soal Sifat Cahaya 3Perhatikan gambar berikut!Sifat cahaya yang terjadi pada peristiwa seperti gambar adalah ….A. cahaya diuraikan dan dibiaskanB. cahaya dapat menembus benda bening dan dibiaskanC. cahaya dapat dipantulkan dan menembus benda beningD. cahaya dapat merambat lurus dan menembus benda beningJawaban: BPembahasan:Cahaya dapat menembus gelas dan air karena merupakan benda bening. Pensil tampak patah karena terjadi pembiasan cahaya dari medium kurang rapat (udara) menuju medium yang lebih rapat (air).Baca Juga : Pesawat Sederhana: Pengungkit, Katrol, dan Bidang MiringSoal 4Pemanfaatan sifat cahaya dipantulkan adalah ….A. penggunaan periskop untuk mengamati suatu tempatB. memanfaatkan teropong untuk melihat benda jauhC. melihat benda dengan lup agar tampak besarD. membuat pelangi dengan semprotan airJawaban: APembahasan:– Periskop biasa digunakan dalam kapal selam untuk melihat benda yang ada dipermukaan laut memanfaatkan sifat pantulan cahaya dengan menggunakan cermin.– Teropong dapat melihat benda jauh karena memanfaatkan sifat pembiasan cahaya oleh lensa.– Lup dapat melihat benda kecil tampak lebih besar karena memanfaatkan sifat pembiasan cahaya oleh lensa lup.– Pelangi merupakan sifat penguraian cahaya oleh titik-titik air yang disemprotkanSoal 5Kegiatan manusia yang memanfaatkan sifat cahaya merambat lurus adalah ….A. mengamati ikan dalam akuariumB. melihat kendaraan lain dari kaca spionC. melihat pemandangan dari balik jendela kacaD. menggunakan lampu senter untuk menerangi jalan yang gelapJawaban: DPembahasan:– mengamati ikan dalam akuarium merupakan penerapan sifat cahaya dapat menembus benda bening (kaca dan air)– melihat kendaraan lain dari kaca spion merupakan penerapan sifat cahaya dapat dipantulkan– melihat pemandangan dari balik jendela kaca merupakan penerapan sifat cahaya menembus benda bening (kaca jendela)– menggunakan lampu senter pada saat gelam merupakan penerapan sifat cahaya dapat merambat lurus
- Sumber Daya Alam (SDA) adalah segala sesuatu di alam yang didapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Pengembangan soal tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan sumber daya alam tidak dapat terlepas dari dua golongan tersebut. A. Soal Sumber Daya Alam Yang Dapat DiperbaruiCiri-ciri sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu sumber daya alam tersebut berasal dari makhluk hidup atau mudah untuk diciptakan kembali.Soal 1Berikut ini kelompok sumber daya alam yang terbaharui adalah ….A. kerosin, lateks, dan terpentinB. lateks, parafin, dan kemenyanC. terpentin, kerosin, dan premiumD. kemenyan, lateks, dan terpentinJawaban: DPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: lateks (getah karet), terpentin (getah pinus), kemenyan (getah pohon)– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: kerosin (minyak tanah), parafin (lilin dari minyak bumi), premiumSoal 2Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah ….A. terpentin, emas, dan minyak bumiB. minyak sawit, terpentin, dan kopraC. grafit, minyak sawit, dan rotanD. pinus, belerang, dan batu baraJawaban: BPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: terpentin (getah pinus), minyak sawit, kopra, rotan, pinus– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: emas, minyak bumi, grafit, belerang, batu baraSoal Sumber Daya Alam 3Sumber daya alam berikut yang termasuk dapat diperbaharui adalah ….A. biogas, spiritus, dan vaselinB. biogas, terpentin, dan serat nilonC. minyak sawit, biosolar, dan mutiaraD. serat katun, kesuburan tanah, antrasitJawaban: CPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: biogas, spiritus, terpentin (getah pinus), minyak sawit, mutiara, serat katun, kesuburan tanah– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: vaselin (jeli minyak bumi), nilon (serat dari minyak bumi), antrasit (batu bara)Soal 4Perhatikan gambar berikut!Sumber daya alam yang tampak pada gambar dapat dimanfaatkan untuk ….A. pembuatan biosolarB. bahan kosmetikC. pembuatan spiritusD. bahan pembuatan kainJawaban: CPembahasan: Tebu dapat diolah menjadi bahan pembuatan spiritusBaca Juga : Tahapan Siklus Air di BumiB. Soal Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat DiperbaruiCiri-ciri sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui biasanya berupa bahan tambang yang proses pembentukan kembali memakan waktu yang sangat lama.Soal 1Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah ….A. batu bara dan emasB. mutiara dan intanC. cahaya matahari dan kerosinD. gelombang air laut dan geothermalJawaban: APembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: mutiara, cahaya matahari, gelombang laut, dan geothermal– sumber daya alam yang tidak dapat diberbarui: batu bara, emas, intan, kerosinSoal 2Sumber daya alam berikut ini yang tidak dapat diperbaharui adalah ….A. kopra, terpentin, dan spiritusB. aspal, avtur, dan terpentinC. kopra, avtur, dan spiritusD. aspal, avtur, dan timahJawaban: DPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: kopra, terpentin (getah pinus), spiritus– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: aspal, avtur, timahSoal 3Perhatikan tabel berikut!NoSumber Daya Alam1emas2damar3batu bara4terpentin5aspal6karetSumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ditunjukkan oleh nomor ….A. 1, 2, dan 6B. 1, 3, dan 5C. 2, 3, dan 5D. 2, 4, dan 6Jawaban: BPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: damar, terpentin (getah pinus), karet– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: emas, batu bara, aspalSoal 4Berikut ini contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah ….A. pulp, platina, dan intanB. kapas, damar, dan spiritusC. bauksit, batu bara, dan kerosinD. terpentin, rotan, dan mutiaraJawaban: CPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: pulp (bubur kertas), kapas, damar, spiritus, terpentin (getah pinus), rotan, mutiara– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: platina, intan, bauksit, batu bara, kerosin (minyak tanah)